Cara scan QR code atau barcode

Mungkin suatu saat anda membeli sebuah produk, perangkat atau lainnya, dan untuk kelengkapan softwarenya disuruh download dengan hanya menyertakan ketarangan : To download the software please scan this QR code. tidak ada link web yang tertera.

Bagaimana caranya ?. Caranya yaitu  menggunakan smartphone dengan memanfaatkan kameranya dan dijadikan sebagai scanner, QRcode reader atau barcode reader.

Sebelumnya harus diinstal aplikasinya terlebih dahulu, banyak tersedia untuk Android atau iOS (iPhone). tinggal lakukan search melalui Google Play Store atau App Store kalau di iOS, dengan kata kunci QR code reader atau barcode reader, akan banyak hasil pencarian terserah anda mau memilih  App yang mana. Kalau saya untuk Android memilih QR Droid karena tidak ada iklannya (saat ini).

Begitu dijalankan aplikasinya, tinggal arahkan kamera smartphone ke gambar QR code atau barcode sampai fokus, kemudian akan terlihat hasilnya. Tinggal diikuti linknya kalau itu berupa link ke websitenya. Kalau berupa produk kita bisa lakukan search  Google/Yahoo/Bing dll.

Bisa juga anda coba ke produk-produk yang dipakai sehari-hari di rumah tentunya  yang ada barcodenya.

Misal anda akan mengulang membeli suatu produk tapi susah mengingat namanya, kalau ada barcodenya mudah saja tinggal lakukan scan barcodenya. kemudian cek di Internet untuk mendapat informasi lengkapnya.




Artikel Terkait