Memanfaatkan WhatsApp untuk transfer data antara Smartphone dan komputer

Dengan WhatsApp kita dapat memindahkan  dokumen, foto, video dll, dari Smartphone ke komputer dan sebaliknya dari komputer ke smartphone.
Atau anda dapat menjadikan WhatsApp sebagai tempat penyimpanan pribadi untuk catatan atau dokumen, yang dapat diakses dari manapun menggunakan smartphone atau komputer tanpa harus ribet memasukkan password atau sign-in terlebih dahulu.

Caranya sebagai berikut:

Kita kirim catatan, foto, video, atau dokumen lainnya ke kita sendiri. Tapi di WhatsApp kita tidak bisa mengirim pesan ke nomor sendiri. Triknya yaitu kita buatkan grup WhatsApp yang anggotanya hanya diri kita sendiri.
Setelah grupnya dibuat, kirim dokumen, foto, dll ke grup tersebut. Tentunya karena anggotanya hanya kita sendiri, berarti yang bisa membuka pun hanya kita sendiri.
Untuk di komputer yaitu dengan membuka WhatsApp Web. (Cara menjalankan WhatsApp Web dapat dilihat di postingan terdahulu)..

File, foto, atau dokumen yang dikirim ke 'grup' ini  tentunya dapat didownload atau disimpan di komputer atau sebaliknya di smartphone, atau dibiarkan tetap berada di grup. tergantung kebutuhan anda.

Cara membuat grup dengan anggota diri kita sendiri, sama seperti halnya membuat grup yang biasa, hanya angggotanya saja yang hanya kita sendiri.

Ketika membuat grup di langkah awal harus memasukkan  participants dari daftar kontak, masukkan saja dulu sebagai dummy kemudian setelah jadi grupnya, tinggal kita remove lagi. sehingga anggotanya hanya kita sendiri.


Cara membuat grup WhatsApp, anggotanya hanya diri kita sendiri.
1. Buka WhatsApp.
2. Pilih menu (titik tiga vertikal).
3. Pilih New group
4. Masukkan satu participants dari daftar kontak untuk sementara
5. Beri nama grup
6. Setelah  grupnya jadi, buka grupnya,
7. kemudian pilih menu (titik tiga vertikal), pilih Group info, pada participant tekan lama pada nama yang akan dihapus, kemudian pilih remove.





Artikel Terkait