Mengatasi 'A sharing violation occurred while accessing' Solidworks

 Ketika akan menyimpan file di Solidworks baik itu Part, Assembly, atau Drawing muncul peringatan 

'A sharing violation occurred while accessing (...lokasi file)'. sehingga file tidak dapat disimpan.


Hal itu biasanya terjadi karena fungsi Realtime Protection dari Anti virus atau Windows Defender yang bekerja pada Windows komputer anda mendeteksi sesuatu yang mengakibatkan file atau folder menjadi terproteksi.

Untuk mengatasinya :

Beri pengecualian kepada fungsi Realtime Protection dari Anti virus yang terinstal di komputer anda atau Windows Defender (anti virus bawaan Windows) untuk tidak dilakukan proteksi real time terhadap file sistem yang berhubungan dengan Solidworks.

Untuk Windows Defender : Masuk ke  'virus & threat protection', (banyak cara untuk masuk ke menu virus & threat protection ini). 

1. Klik Windows (logo Windows di keyboard)

2. pada kolom pencarian, ketikkan: 'virus & threat protection', maka di atasnya akan muncul Menu 'virus & threat protection'. Kalau sudah muncul tinggal klik untuk membukanya.



3. Setelah muncul jendela Virus & threat protection, Klik 'Manage settings' yang berda di area 'Virus & threat protection settings',

4. Kemudian akan muncul jendela selanjutnya. Scroll ke bawah untuk menuju ke pilihan Exclusions.

    Klik pada 'Add or remove exclusions'.


5. Klik pada Add an exclusion, kemudian pilih Folder, kemudian pilih lokasi folder SOLIDWORKS PDM yang berlokasi di  FolderProgram Files (x86)

 6.    Kemudian klik lagi  pada Add an exclusion, pilih Folder, kemudian pilih lokasi folder SOLIDWORKS Corp yang berlokasi di folder  Program Files


Dengan setting seperti itu maka Proteksi real time Windows defender tidak berlaku untuk program Silidworks.

Untuk komputer dengan  anti virus lain (bukan Windows Defender) anda dapat menyesuaikannya.