Cara Memblok Komputer Akses ke Wifi

Untuk dapat berbagi akses internet di rumah, di kantor atau dimanapun yang paling mudah dan praktis adalah dengan menggunakan Wifi router. dengan koneksi Wifi  kita juga tidak akan diribetkan dengan penarikan kabel-kabel LAN ke masing-masing komputer atau laptop yang akan diberi akses internet. Harga perangkat Wireless router saat ini juga semakin terjangkau.

Ketika anda memasang wifi router untuk akses internet, misalnya di rumah, tentunya anda tidak ingin orang lain di luar rumah anda dapat seenaknya mengakses wifi dan menghabiskan quota internet anda.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah buatlah password serumit mungkin supaya orang lain tidak mudah untuk menebak-nebak password wifi anda.

Hal kedua, apabila dirasa tidak cukup hanya menggunakan password, karena bisa saja teman atau anggota keluarga anda memberi tahu orang lain passwordnya, maka kita dapat menggunakan filtering dengan menggunakan MAC-Address (Media Access Control Address).

Pada setiap wireless router umumnya terdapat menu filtering berdasar pada  MAC-Address ini. Ketika opsi ini diaktifkan biasanya akan terdapat dua pilihan, apakah perangkat dengan MAC address tertentu mau di blok, atau sebaliknya mau diberi akses, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan anda. Begitu opsi ini diaktifkan maka akses ke wifi akan berdasar MAC address ini.

Untuk mengetahui MAC Address pada komputer Windows, masuk ke comand prompt (tombol windows+R, kemudian ketik CMD, tekan Enter ) , dari command prompt ini ketik:  ipconfig  /all  kemudian tekan enter, maka akan tampil ip address dll.  MAC address ada pada Physical Address.


Untuk mengetahui MAC Address pada smartphone atau komputer tablet yang ber OS Android, dapat dilihat pada postingan terdahulu Cara Mengetahui MAC Address di Android.


Artikel Terkait