Memperbaiki Power Bank Generik yang Mati

Tags

Barangkali teman-teman ada yang mempunyai kesamaan kasus tentang power bank generik buatan China yang menggunakan baterai model 18650 (6 buah), tidak berfungsi  sama sekali, begitupun ketika dicharging tidak ada tanda masuk powernya.

Aku membeli casing power bank terpisah dengan baterainya maksudnya ingin mendapat real capacity, dengan membeli baterai terpisah akan lebih dijamin mAhnya, karena banyak power bank saat ini yang mencantumkan mAh kenyataannya tidak sesuai dengan real-nya.

Dengan memilih baterai sendiri terbukti powerbank lebih bagus, mendapat real capacity asalkan memakai baterainya juga yang bagus ya :).

Kembali ke bahasan postingan ..  karena terlalu banyak dicoba-coba dengan baterai ini baterai itu akhirnya Power banknya rusak, tidak berfungsi, mati total.

Setelah casingnya dibuka coba ukur ini itu menggunakan AVO meter ternyata arus terputus dari baterai ke Circuit boardnya.
Diketahuilah ternyata ada komponen yang sepertinya terbakar, fungsinya seperti fuse/sekering.

Berikut ini penampakannya :

komponen yang rusak (tanda panah)


Penyelesaiannya yaitu mencari kabel serabut yang ukurannya kecil, supaya kalau ada arus lebih atau konslet kabel tersebut akan putus, tetap berfungsi sebagai fuse/sekering.


Kemudian Ambil Solder dan timah untuk memasang kabel serabut tersebut. Dipasang menghubungkan titik -B  dengan GND


Setelah perbaikan tersebut powerbanknya berfungsi normal kembali.


Kalau kamu memiliki kasus yang sama, bisa dicoba.
Hati-hati jangan sampai ada kesalahan ya.. he2 aku tidak bertanggung jawab.

Artikel Terkait