Mengatasi modem TPLink ADSL2 sering mati indikator ADSLnya

Tags

Sementara koneksi Internet di tempat lain sudah banyak beralih ke fiber optic, untuk koneksi kabel di tempatku masih menggunakan kabel telephone biasa yang menggunakan modem ADSL.
Walau sudah banyak operator 4G, tetapi tetep koneksi kabel PSTN  Telkom masih aku andalkan menggunakan operator lain (bukan Telkom speedy).

Baru-baru ini internet ADSL ini sering bermasalah, di modemnya ketika diperhatikan Led indikator ADSLnya sering mati sehinga otomatis internetnya juga putus.
Modem ADSLnya yaitu : TPLink 150Mbps Wireless N  ADSL2 Modem Router.

Dicek sambungan telephonnya bagus. Untuk meyakinkan, pada setiap terminal (dari luar rumah sampai titik ke modem) soketnya dibersihkan
Setelah langkah tersebut memang mati ADSLnya  lebih jarang, tapi tetap masih terjadi.
Kemudian aku  ganti filter ADSLnya ( kotak kecil yang memisahkan sambungan ke pesawat telepon dan ke modem), masalah masih tetap terjadi.

Kemudian aku bongkar itu modem, dibuka casingnya dengan membuka terlebih dulu 2 buah sekrup di bagian belakang.
Banyak debu yang menempel di komponen-komponenya, aku bersihkan menggunakan kuas.
Dicoba dinyalakan lagi, hasilnya lebih bagus, lebih jarang mati indikator ADSLnya. akan tetapi tetep masih terjadi.

Kemudian yang terakhir aku ambil kipas angin.
bukan diarahkan ke kepalaku yang mulai memanas..:) tapi diarahkan ke modem yang sedang beroperasi..tanpa cover/penutup... hasilnya ..


Hasilnya Alhamdulillah, Tidak terjadi putus-putus lagi, ADSLnya stabil sekarang.
Mungkin karena pemakaian sudah lama jadi ada komponen performanya turun atau berhenti berfungsi ketika terjadi panas berlebih, dikipasin jadilah dingin..
Sementara biarkan begitu dulu entah sampai kapan.. :) karena diganti dengan modem router baru pun sayang takutnya jaringannya keburu tidak disupport.

Barangkali teman-teman ada kesamaan kasus, boleh dicoba.

Artikel Terkait