Cara membuka Akses Remote Desktop di Windows 10

Tags

Untuk dapat melakukan remote desktop dari komputer lain, maka komputer yang akan diremote harus dibuka akses remote desktopnya.

Untuk membuka akses remote desktop di Windows 10

1. Ketikkan kata kunci: remote setting pada kolom pencarian (di sebelah Start menu). Maka di tampilan atas (Best match) akan muncul Allow remote access to your computer. klik untuk melakukan  setting remote desktop.




2. Pada Remote Desktop, pilih Allow remote connection to this computer.
3. Pilih Select user kalau anda ingin mengeset siapa-siapa saja user yang boleh melakukan remote desktop. (untuk akun dengan privilege administrator tidak perlu dimasukkan lagi karena akun administrator atau member administrator sudah mempunyai hak akses untuk remote desktop).


4. Klik Apply, OK.

5. Di Windows Firewall, akses untuk Remote desktop harus dibuka.
Contoh untuk setting Firewall di Windows 8 atau Windows 10 ketik Allow an app through Windows firewall di kolom search.
Setelah muncul halaman Allowed apps and features, kemudian cari Remote Desktop, dan beri centang/ceklis supaya Akses remote desktopnya tidak diblok (lihat gambar). Klik OK untuk menyimpan konfigurasi.




Sekarang sudah siap untuk dilakukan remote desktop oleh komputer lain yang saling terhubung kedalam suatu jaringan LAN atau menggunakan Wi-fi, dengan memanggil IP address atau nama komputernya. (nama komputer hanya  bisa dipakai kalau DNS servicenya aktif).

Artikel Terkait