Menjadikan Smartphone menjadi Wifi Camera

Ketika anda telah membeli lagi smartphone dengan model baru, smartphone yang lama mau dikemanakan? di jual, harganya sangat murah, disimpan, tidak berguna, dipakai, ya khan sudah ada yang baru..

Salah satu solusinya smartphone lama kamu dapat dijadikan sebagai wifi camera. (bukan berarti wifi camera dikhususkan untuk smartphone lama, smartphone baru atau lama dapat dijadikan sebagai wifi camera tergantung kebutuhan kita).

Wifi Camera yaitu perangkat kamera yang dapat diakses melalui  wifi oleh perangkat lain baik itu oleh smartphone atau oleh komputer.
Kamu dapat fungsikan sebagai CCTV, untuk memonitor bayi ketika tidur karena  ibunya harus menyiapkan sesuatu di dapur, dll.

Buka Play Store/Google Play untuk Android atau App Store  untuk iOS/ iPhone, kemudian cari aplikasi dengan kata kunci 'wifi camera', untuk Android saya pakai App dari hasil search paling atas Wifi Camera - Zhou Chang, seperti pada capture berikut :


Untuk iPhone bisa menggunakan App dengan nama: Web of Cam,

Setelah anda search  kemudian pilih dan instalkan.

Cara penggunaannya:  Setelah smartphone  diinstal wifi camera dan dijalankan aplikasinya maka kamera dari smartphone tersebut dapat diakses oleh komputer atau smartphone lain dengan menggunakan browser internet (Mozilla, Chrome, Internet explorer, Safari, dll) dengan memasukkan alamat ip dari wifi camera tersebut, syaratnya smartphone sebagai wifi camera dan smartphone lain / komputer yang akan mengakses terhubung ke wifi yang sama.

Ketika Aplikasinya dijalankan maka akan ada alamat ip ( Internet Protocol) yang harus dimasukkan di browser smartphone lain atau komputer yang akan mengakses. Contoh saya mengaksesnya melalui komputer. Di smartphone yang diinstal wifi camera  muncul keterangan : Open with browser: http://192.168.2.102:8080, maka di browser komputer  yang akan dipakai untuk mengakses di address barnya saya tulis http://192.168.2.102:8080, gambar pun muncul di komputer

Artikel Terkait