Latest Posts

Cara Membuat Kabel LAN Sendiri

By 09:05

Untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya, atau dalam suatu jaringan komputer/ LAN (local Area Network) diperlukan media penghubung, ada yang menggunakan media kabel LAN biasa (cat5, cat6), FO (Fiber Optic), atau yang tanpa kabel (wireless /wifi /radio).

Disini akan dibahas bagaimana cara mengkrimping/membuat kabel LAN ke konektor Rj-45 (konektor standar untuk kabel LAN), sehingga kita bisa membuatnya sendiri.
Utuk lebih jelasnya saya telah membuat videonya.

ketika kita membeli perangkat network, access point, modem router, dll, biasanya suka diberi  kabel LANnya yang panjangnya sekitar 1 sampai 2 meter. Bagaimana kalau kita perlu yang 5 meter, 6 meter atau 20 meter ?..harus menggunakan jasa orang/ahlinya untuk membuatkannya.

Kalau kita ingin membuatnya sendiri, tidak masalah, karena ternyata tidak sulit  untuk membuat kabel LAN ini. Alat dan bahannya juga mudah didapat di toko yang menyediakan komponen komputer dan asesoris network.


Alat dan bahan

1. Tang Crimping (dulu harganya mahal ratusan ribu, sekarang ada yg dibawah Rp 50ribu dan hasilnya bagus)
2. Kabel LAN (kabel UTP cat5 atau cat6)
3. Konektor RJ-45


Kupas bagian luar pelindung kabel dengan menggunakan tang crimping (bisa juga dengan pisau cutter atau gunting)


Susun /urutkan isi  kabel  yang terdiri dari 8 kabel kecil yang ada di dalamnya
( ada 2 type konfigurasi kabel LAN, ada straight/lurus, ada Cross-over/silang. Straight dipakai untuk menyambungkan komputer ke perangkat switch/hub, dan koneksi  pada umumnya.  Cross-over dipakai untuk menyambungkan antara dua komputer (tanpa menggunakan hub/switch))

Susunan warna kabelnya:
1. Putih-hijau
2. Hijau
3. Putih-orange
4. Biru
5. Putih-biru
6. Orenge
7. Putih-coklat
8. Coklat



Kalau sudah tersusun warnanya dengan benar dan rapi, potong kabel dengan menggunakan pisau yang ada di tang crimping  supaya semua kabel panjangnya sama dan rata


Masukkan kabel pada Konektor Rj-45, perhatikan urutan warnanya, jangan sampai ada yang berubah


Tekan kabel kedalam konektor sampai semua kabel menyentuh ujung konektor




Masukkan  konektor kedalam tang crimping, kemudian tekan tang crimping kuat-kuat.




Untuk ujung kabel yang satunya lagi :
Apabila ingin membuat kabel LAN Straight (konfigurasi lurus) lakukan langkah yang sama seperti di atas. Apabila ingin membuat kabel LAN Cross-over (konfigurasi silang) maka susunan warna kabel di ujung yang satunya lagi dibuat beda (lihat posting Cross-over cable configuration)




Link youtubenya : https://youtu.be/Cs7l8F_8KXc

Semoga bermanfaat

You Might Also Like

No comments: