Membuat Charger HP Menggunakan Baterai AA

Tidak ada salahnya kita menyediakan charger yang dapat digunakan dalam keadaan darurat untuk mencharging camera,  HP (hand phone), Blackberry, iphone, smartphone, Android, dll, apalagi kalau anda sering bepergian yang jauh dari sumber listrik, misalnya anda seorang pendaki gunung, dsb.

Saat ini sudah banyak power bank dengan berbagai ukuran daya, dan harganya juga semakin terjangkau, tetapi masalahnya power bank memerlukan sumber listrik ketika sudah habis dipakai.
Kalau anda berada di tempat yang tidak ada sumber listrik untuk waktu yang agak lama maka tidak berguna itu yang namanya power bank.

Nah untuk solusinya kita dapat menyediakan charger yang menggunakan sumber baterai yang banyak dijual misalnya baterai ukuran AA, sehingga kita dapat membawa dari rumah atau membeli dari warung-warung ketika sedang dalam perjalanan.





Foto di atas adalah charger yang dipakai untuk Blackberry, hanya dengan menggunakan 1 baterai ukuran AA.
Untuk dapat mencharging seperti foto di atas saya menggunakan Converter DC to DC 0,9-5V.
Converter ini banyak dijual di internet, di toko komponen elektronik mungkin ada juga tapi jarang.
Saya membeli dari Aliexpress.com dengan alamat detailnya:
http://www.aliexpress.com/item/Free-Shipping-DC-DC-0-9V-5V-600mA-Boost-Converter-Step-Up-Module-in-stock-high/842784020.html
Harganya sekitar $ 1 USD

Berikut gambar penampakan modulnya :


Dua kabel dihubungkan ke terminal baterai ( positif dan negatif), soket USBnya dihubungkan ke perangkat yang akan dicharging.

Range tegangan inputnya adalah 0,9V sampai dengan 5V, outputnya 5V.
Untuk modul yang saya beli ini apabila menggunakan 1 baterai ukuran AA arus yang dihasilkan adalah 200mA, apabila mengunakan 2 baterai ukuran AA dapat menghasilkan 600mA, didapat dari  keterangan spesifikasinya.

Saya mencoba menggunakan 1 buah baterai yang paling kecil (ukuran AAA), hasilnya  masih dapat dipakai untuk mencharging Blackberry.

Kalau anda berminat silakan googling atau langsung ke alamat link tadi di atas.





Posting lainnya :
• Cara mudah menjalankan aplikasi Android di komputer
• Slow Motion dan Fast Motion di Youtube
• Cara Repair file PST yang corupt
• Mara Mengetahui Header Email di Outlook 2010








Artikel Terkait