Antisipasi apabila Android Hilang atau dicuri

Seperti halnya di iPhone atau iPad, di smartphone atau komputer tablet (tab) yang menggunakan OS Android pun kita dapat mengaktifkan fitur pencarian apabila kita lupa menyimpan, mengetahui lokasi dimana Android kita berada, membuat smartphone Android supaya lock dengan mengirim password, atau kita dapat menghapus data Android secara remote kalau sudah yakin perangkat Android kita dicuri untuk mencegah data-data kita disalah gunakan.

Yang harus dilakukan adalah mengeset smartphone atau tab Android kita pada menu Google Setting, yaitu pada Android Device Manager.
Setelah Android disetting kemudian kita dapat mengaksesnya melalui  Browser Internet dari manapun kita berada.
Mengakses dengan alamat :  https://www.google.com/android/devicemanager

Gunakan account Google anda untuk dapat mengaktifkan dan menggunakan fitur Android Device Manager ini, apabila anda telah mengaktifkan account Gmail atau Sign-in ke Google Play maka anda sudah dapat mulai mengeset smartphone atau tab untuk keperluan apabila suatu saat lupa menyimpan atau Android anda ada yang mencuri.
Tahap pertama adalah mengaktifkan Location Access untuk setting GPS dan setting Acess to My Location. Setting ini dimaksudkan agar apabila suatu saat Smartphone atau Tab anda hilang, maka akan diketahui lokasinya.
Pada contoh capture, saya menggunakan Android 4.4 Kitkat. Untuk Android yang lain menu dan istilahnya tidak jauh berbeda pasti anda dapat mengikutinya.

Masuk ke menu Setting

 Pilih Network Connection 

 Pilih Location Access

Beri Ceklist pada Access to my location, jalankan GPS Satellite, beri ceklist pada Wifi & mobile network location.



Kemudian selanjutnya adalah setting pada Android Device Manager
Tap/sentuh pada icon Apps, kemudian cari icon Google Setting, tap kalau sudah ketemu


Tap pada Location, kemudian beri ceklist/centang pada Access Location
Kemudian pilih Android Device Manager



Beri ceklist pada Remotely locate this device dan pada Allow remote lock and erase


Setting pada perangkat Android sudah selesai, sekarang kita coba untuk mengaksesnya melalui Internetdengan menggunakan Laptop atau komputer atau tablet yang lain yang tentunya terhubung ke internet.

Jalankan Browser, buka alamat :
https://www.google.com/android/devicemanager
Masukkan Username dan password Google anda, sesuai dengan yang dipakai pada smartphone pada langkah di atas.
Maka Device/smartphone anda akan muncul dan peta lokasinya.
Akan muncul 3 (tiga) pilihan : Ring, Lock dan Erase



Ring : Device atau smartphone akan berbunyi, sehingga kalau anda lupa dapat segera tahu dimana menyimpannya
Lock : Mengunci device menggunakan password secara remote, sehingga orang lain tidak dapat menggunakannya kalau smartphone atau tabnya berpindah atau berada di tangan orang lain. Pada pilihan ini anda juga dapat menulis pesan, misal "tolong kembalikan tab saya ke.. " dst.
Erase : Hati-hati dengan pilihan ini, karena akan menghapus data anda dan mereset Android. Hanya dilakukan apabila perangkat  benar-benar hilang, untuk menghindari penyalah gunaan data-data anda.


Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait