Cara Mengaktifkan Fasilitas Find My iPhone

Tags

Apabila anda memiliki perangkat atau produk dari Apple seperti  iPhone, iPad, MacBook, iMac dll, salah satu fasilitas yang menurut saya wajib untuk anda aktifkan adalah Find My iPhone / My Mac yang ada pada menu iCloud.

Dengan mengaktifkan fitur Find My iPhone ini maka apabila suatu saat  anda lupa dimana menyimpan iPhone atau perangkat Apple lainnya, maka anda dapat mengintruksikan melalui browser komputer yang terhubung ke internet supaya dari perangkat Apple yang sedang dicari tersebut mengeluarkan suara (play sound), sehingga akan segera diketahui keberadaannya.

Dan  apabila iPhone, iPad, atau Mac anda hilang atau dicuri orang, anda akan dapat mengetahui lokasi keberadaannya, dapat segera mengunci  perangkat dengan password supaya tidak dapat digunakan, anda dapat mengirim pesan, dan yang terakhir agar dokumen penting anda tidak berpindah ke orang lain juga supaya perangkatnya tidak dapat digunakan, anda dapat menghapus (erase) Apple anda. Semuanya itu dilakukan dari browser komputer  yang lain yang terhubung ke internet.

Berikut adalah cara mengaktifkan fitur Find My Mac pada MacBook (Untuk perangkat Apple lainnya pada prinsipnya sama saja)

• Jalankan  MacBook dan kemudian koneksikan ke internet
• Masuk ke menu System Preferences 
• Pilih/klik iCloud


• Log-in/sign-in menggunakan user Apple ID anda untuk mengeset iCloud (kalau belum punya tinggal pilih  Create an Apple ID untuk membuat/mendaftar, kemudian kalau sudah, tinggal kembali lagi kesini untuk Log-in)


• Beri ceklist pada Use Find My Mac , kemudian klik Next


• Akan ada peringatan  Allow Find My Mac to use the location of this Mac ?
Pilih Allow

• Kemudian beri Ceklist pada Find My Mac


• Setting Find My Mac sudah selesai dilakukan, sekarang tinggal keluar dari menu iCloud (tekan x) dan biarkan jangan klik  Sign out. Kemudian saatnya untuk mencoba akses lewat browser internet pada  komputer lain.



Untuk mengujinya, buka komputer/laptop lain yang terhubung ke internet

• Jalankan Browser internetnya, semua browser bisa dipakai (Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet explorer), tapi untuk lebih optimal tentu dengan menggunakan browser punyanya Apple yaitu Safari.
Buka alamat www.iCloud.com
• Login mengunakan Apple ID sesuai yang digunakan pada perangkat Apple anda


 • Setelah berhasil sign-in kemudian pilih Find My iPhone



• Maka sistem akan melakukan pencarian terhadap device/perangkat Apple anda

http://h0w2.blogspot.com
• Pilih device


• Kemudian tentukan aksi apa yang akan diberikan pada perangkat Apple anda, ada beberapa pilihan yaitu :

Play Sound yaitu untuk membunyikan suara, seperti bunyi alarm akan keluar dari perangkat Apple amda

Lock, yaitu kita memberikan/mengirim kode password pada perangkat Apple. Sehingga orang lain tidak akan bisa membukanya, pada opsi ini disertakan juga dengan kolom pesan, jadi kita dapat mengirim pesan kepada orang yang memegang Macbook/iPhone kita. misalnya :  ini iPad saya tolong hubungi saya di alamat... dst

Erase, hati-hati dengan pilihan ini, hanya dilakukan apabila perangkat benar-benar dicuri orang atau berada di tangan yang tidak berhak dan tidak ada itikad baik untuk mengembalikan. terutama apabila ada  dokumen penting atau rahasia supaya  tidak dibuka/dimanfaatkan atau disalahgunakan oleh orang lain.




Misalnya pada pilihan ini anda pilih Lock, maka akan muncul kolom untuk memasukkan kode
Hati-hati jangan sampai lupa kodenya.


Kemudian sekarang coba anda buka device Applenya, disana anda harus memasukkan code/password dan kalau salah anda tidak dapat memakainya.




Artikel Terkait