Transfer Foto dari iPhone tanpa iTunes

Untuk transfer data dari Perangkat iOS baik itu iPhone atau iPad kita harus menggunakan iTunes yang harus diinstal di komputer.
Bagaimana kalau kita ingin transfer foto dari iPhone atau iPad ke komputer/laptop yang tidak terinstal iTunes? atau ingin berbagi foto ke mobile device lain seperti ke perangkat Android?.

Banyak App (aplikasi) yang dapat diinstal di perangkat iOS untuk keperluan ini, salah satu App yang saya rekomendasikan adalah  Wifi Photo Transfer.
Penggunaan  Wifi Photo Transfer sangat mudah, jalankan aplikasinya di iPhone/iPad, kemudian akses melalui browser di perangkat lain (komputer, laptop, tab android, iPhone dll) yang  konek ke Wifi yang sama (wifi dengan nama SSID yang sama).

Langkah-langkah selengkapnya :

Buka iPhone/iPad, koneksikan ke wifi kemudian masuk ke App Store
Search App dengan kata kunci Wifi Photo transfer
Akan ada beberapa hasil pencarian, pilih Wifi photo transfer seperti pada figure berikut, kemudian instalkan.



Setelah terinstal kemudian jalankan aplikasinya. Pada saat pertama kali dijalankan akan ada peringatan "WiFi photo" Would Like to Access Your Photos pilih/tap OK 


Akan muncul alamat IP (Internet Protocol) dan port yang dapat diakses oleh browser perangkat lain yang konek ke wifi yang sama dengan koneksi wifi iPhone tersebut. Pada contoh alamat IP dan port  iPhone yang harus diakses adalah : 192.168.2.108 :15555 (alamat ini yang harus ditulis pada browser perangkat lain yang akan mengakses iPhone)


Jalankan komputer, laptop, tab atau perangkat lain, kemudian koneksikan ke wifi yang sama dengan yang dipakai oleh iPhone/iPad
Buka browser internet dan tuliskan alamat IP pada address bar sesuai dengan yang tertera pada iPhone tadi, pada contoh yaitu :   http://192.168.2.108:15555
Maka foto yang terdapat pada iPhone akan terbuka. kita dapat mengcopynya atau downloadnya.


Dapat pula didownload keseluruhan dalam format ZIP.



Artikel Terkait