Latest Posts

Cara Backup Konfigurasi Mikrotik

By 18:20

Bagi anda yang memiliki perangkat Router Mikrotik  di rumah, atau bertanggung jawab untuk urusan perangkat jaringan di sekolah, warnet, kantor dan lain-lain, sebaiknya anda menyimpan backup konfigurasi dari Mikrotik tersebut. Sehingga kalau ada masalah misalnya anda mencoba setting konfigurasi dan berujung tidak normal dan lupa untuk mengembalikan ke konfigurasi semula, atau karena sebab lain yang menyebabkan konfigurasi hilang atau berubah, anda tinggal melakukan restore dan kemudian perangkat akan bekerja normal kembali sesuai konfigurasi semula.


Cara Backup Konfigurasi Mikrotik

• Login ke Mikrotik

• Pilih Menu File
• Klik pada Backup, maka sistem akan menggenerate/menghasilkan file Backup



Sampai tahap tersebut di atas,  kalau ada masalah dengan konfigurasi tinggal kita memilih file backup tersebut kemudian klik pada Restore maka konfigurasi akan normal kembali ke kondisi seperti pada saat kita membuat backup.

Kemudian sebaiknya file backup tersebut kita copykan atau simpan di tempat lain, ke komputer, flashdisk, dll, untuk antisipasi apabila terjadi kerusakan hardware Mikrotiknya misalnya kena petir dll.

Cara mengcopy file backup ke tempat/lokasi lain :

• Pilih/sorot file backup
• Kemudian klik pada icon copy



• Kemudian buka Windows explorer, pilih  drive dan/atau folder  yang dikehendaki, kemudian klik paste (atau klik kanan, pilih paste).





Next.. Cara Restore Konfigurasi Mikrotik


You Might Also Like

No comments: