Menggunakan Keyboard Komputer Pada Tab atau Smartphone Android

Keyboard USB yang biasa dipakai untuk komputer (PC) dapat juga digunakan pada perangkat Android baik itu komputer tablet(tab) atau smartphone.

Memang dengan menambahkan keyboard komputer di perangkat Android menjadi tidak praktis, ribet, dan tidak bagus dilihatnya, tetapi untuk kepentingan atau saat tertentu, misalnya anda harus menulis dengan banyak karakter, membuat laporan, posting blog dan lain-lain, anda dapat merubah smartphone atau tab menjadi seperti komputer atau laptop yang diletakkan di atas meja dan anda duduk di depannya menulis menggunakan keyboard komputer.

Tablet menggunakan keyboard USB

Agar dapat menggunakan keyboard USB pada smartphone atau komputer tablet syaratnya adalah perangkatnya harus support USB OTG (On-The-Go), umumnya smartphone saat ini sudah support USB OTG, untuk pastinya anda dapat melihat spesifikasi lengkap dari device Android yang anda miliki.

Anda juga dapat menginstal aplikasi USB OTG Checker pada perangkat Android anda untuk mengetahui apakah support USB OTG atau tidak, masuk ke Play Store cari aplikasinya menggunakan kata kunci usb otg checker.

Kalau perangkat Android yang anda miliki sudah support USB OTG maka agar keyboard dapat terhubung ke smartphone atau tab, maka harus ada kabel OTGnya, biasanya mini OTG, atau micro OTG.
Kabel micro USB OTG dan mini USB OTG
Sekarang pasang/sambungkan kabel USB OTG ke tab atau smartphone, dan sambungkan pula konektor keyboard ke konektor kabel USB OTG.

Artikel Terkait