Cara Mengaktifkan Akun Administrator di Windows 8.1

Tags

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan  (enable atau disable) akun administrator di Windows 8.1 versi Standard ( bukan Pro), anda tidak dapat melakukannya melalui menu User and Group yang biasanya berada di Computer Management di Windows-Windows sebelumnya (Windows 7, Windows 8). Tetapi anda dapat melakukannya melalui Command Prompt.

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan akun administrator Windows 8.1 melalui Command Prompt :

• Masuk ke Metro UI,  kalau layar Windows anda dalam posisi desktop tinggal tekan logo Windows di keyboard, maka akan berpindah ke Metro UI . (kalau ditekan lagi maka akan berpindah ke desktop, dst)

• Ketik cmd, maka secara otomatis akan masuk ke menu pencarian (search), dan akan menampilkan hasil pencarian Command Prompt,  kemudian klik kanan pada Command Prompt ini kemudian pilih/ klik kiri pada Run as administrator.


• Setelah jendela Command Prompt muncul kemudian ketikkan kode berikut setelah \Windows\system32\
net user adminintrator /active:yes kemudian tekan tombol Enter
Kalau berhasilmaka akan ada tulisan: The command completed successfully


• Untuk mengeceknya, silakan log off, kemudian  anda akan  melihat akun administrator muncul sebagai pilihan untuk login.

• Untuk menonaktifkan kembali akun administrator, lakukan seperti langkah di atas hanya perintah di command promptnya berbeda menjadi :
net user adminintrator /active:no

Cara ini tidak hanya untuk akun administrator, tetapi dapat digunakan juga untuk akun yang lainnya, tinggal ganti tulisan administratornya dengan akun yang anda maksud yang terdaftar di komputer Windows anda.


Sebaiknya akun Administrator di komputer Windows anda dibiarkan disable sesuai bawaannya, dan hanya dipakai kalau benar-benar anda perlu. Untuk penggunaan sehari-hari.pakailah user yang lain atau buatlah user yang baru kalau belum ada.

Artikel Terkait