Skedul Pengiriman Email di Outlook 2010

Jika anda menggunakan Microsoft Outlook sebagai aplikasi email client, maka memungkinkan anda untuk menskedul atau mendelay/menunda pengiriman email ke waktu yang anda inginkan setelah anda klik Send, misal sejam kemudian, 2 jam, 3 jam, atau bahkan  besoknya, dan seterusnya, terserah maunya anda.
Buat emailnya, kemudian setting skedul jam dan tanggalnya, setelah itu tekan Send seperti biasanya ketika anda mengirim email, maka email yang baru saja disend tersebut tidak akan langsung dikirim akan tetapi akan masuk dan tertahan terlebih dahulu di outbox, dan baru setelah memasuki waktu yang telah anda set tadi, email akan terkirim.

Untuk setting delay / penundaan pengiriman email di Microsoft Outlook 2010 berikut langkah-langkahnya :

• Buat New Email seperti biasa ketika anda akan membuat/menulis email
• Setelah isi email siap, masuk ke Tab Options kemudian pilih Delay Delivery


• Perhatikan pada Sub menu Delivery options, beri centang/ceklist pada Do not deliver before, kemudian isi tanggal dan jamnya kapan email mulai dikirim sesuai dengan waktu yang anda inginkan. Klik Close kalau setting sudah selesai.


• Kemudian kirim email seperti mengirim pada umumnya.
• Karena ada setting delay  maka email akan tertahan di Outbox sampai dengan memasuki waktu yang telah disetting tadi, baru setelah memasuki waktu sesuai setingan email akan dikirim.

Artikel Terkait