Ada Folder hidden baru setelah flahdisk dicolok ke Macbook apakah itu virus?

Sebelum tahu, saya pernah kaget dan takut flashdisk saya bervirus setelah dipakai di Macbook karena ketika dibuka di komputer Windows ada muncul beberapa folder baru dan satu file yaitu: .fseventsd, .Spotlight-V100, .Trashes yang semuanya beratribut hidden. Terus folder-folder  dan file tersebut saya hapus, kemudian setelah dicolokkan/dipakai kembali di Macbook, folder-folder dan file hidden tersebut muncul lagi.

 

 Hal di atas tersebut bukanlah  masalah, dan itu merupakan sesuatu yang normal di Mac komputer /OS X.
Jadi setiap saat apabila flashdisk dicolok atau dipakai  di komputer Mac, baik itu Macbook, iMac, dan Mac lainnya (OSX), maka akan muncul beberapa folder dan file beratribut hidden: .fseventsd, .Spotlight-V100, .Trashes.
Di Mac /OS X file dan folder tersebut terkait dengan indexing  file yang sudah dihapus, dan aktivitas pencatatan system file yang terjadi pada drive tersebut 
Jadi folder-folder dan file tersebut bukanlah virus.

Ada banyak tool atau App yang dapat dipasang di komputer Mac untuk menghilangkan folder dan file hidden tersebut secara otomatis ketika flashdisk dieject, seperti misalnya  Eject For Windows, HiddenCleaner dll dapat anda coba.
Tapi kalau menurut saya mendingan diabaikan saja karena itu sesuatu yang normal dan ukurannya kecil tidak mengganggu space/kapasitas flashdisk.

Artikel Terkait