Apa itu Mi Band ?

Anda mungkin sering melihat orang memakai gelang seperti diperlihatkan pada gambar di samping ini. Itu adalah gelang fitnes tracking Mi Band.

Mi Band adalah salah satu produk dari Xiaomi yaitu berupa gelang yang berfungsi sebagai tracker atau sensor kesehatan, memonitor jumlah langkah kita, waktu dan kualitas tidur, detak jantung (Mi Band model 1S).
Juga berfungsi sebagai notifikasi melalui getaran pada gelang ketika ada panggilan telephone, sms, line, whatsapp, BBM, alarm, dll (tergantung settingan kita).

Banyak produk gelang fitnes tracker, seperti dari Microsoft, Garmin, dll. bedanya dengan Mi Band
ini menurut saya karena harganya yang cukup terjangkau, barangnya bagus (Xiaomi terkenal dengan produk berkualitas dengan harga terjangkau)

Apa untungnya menggunakan gelang fitnes tracking?. Kalau buat saya menjadi terpacu untuk selalu 'menggerakkan fisik', maksudnya sebagai manusia kita perlu berolah raga, jalan kaki pun  adalah olah raga,selama ini saya mau ke warung depan yang dekat saja harus pakai sepeda motor, malas melangkahkan kaki, padahal jalan kaki sangat dianjurkan, sangat baik untuk kesehatan. 

Di tempat kerja saya, dari tempat parkir sudah ada lift menuju ruangan, sangat mudah dan praktis sampai ke meja kerja, setelah itu duduk di depan komputer, kerja sambil ngemil, selalu ada makanan, banyak teman bawa makanan juga, terus tidak berselang lama tiba saatnya waktu makan siang... Pulang kerja disambut dengan makan malam.( .he2.jadi buka-bukaan .. :) )

Jadi, saya dan orang  seperti saya ini harus mengubah pola hidup jika ingin sehat, apalagi setelah mendengar banyak penderita penyakit yang kronis kronis umumnya karena makanan dan mereka kurang berolah raga.

Kembali ke Mi Band, jadi sekarang ketika saya memegang Smartphone yang biasanya hanya urusan pekerjaan, komunikasi atau  main game, sekarang diingatkan dengan aplikasi Mi Band sudah berapa banyakkah langkah saya hari ini ? dan berapa kalori yang terbakar ??

Aplikasi bawaan untuk Mi Band namanya Mi Fit, tersedia untuk Android dan iOS
Contoh tampilan Mi Fit :


Mengetahui detak jantung per menit

Untuk dapat menggunakan Mi Fit Anda harus punya Mi Account,  registrasinya mudah dan gratis tinggal masuk ke  account.xiaomi.com 

Untuk koneksinya (koneksi antara Mi band dengan smartphone) yaitu menggunakan bluetooth, pairingnya mudah tinggal mengikuti wizard ketika instalasi Mi Fit,

Baterainya cukup tahan lama yaitu bisa sampai sebulan (model 1A, 1S), ada indikator berapa persen lagi baterainya dan nanti akan ada notifikasi (juga lewat getar) ketika saatnya baterai harus disi ulang.

Artikel Terkait