Memanfaatkan Baterai laptop yang rusak

Tags

Baterai bekas laptop.
Cara membuka sel baterai laptop.

Ketika baterai laptop atau notebook sudah drop, hanya bisa dipakai sesaat atau tidak bisa menyimpan daya sama sekali itu artinya saatnya baterai laptop minta diganti unit yang baru. Gantilah  dengan baterai yang original atau dengan  kualitas yang bagus.

Kalau baterai laptop sudah diganti baru, jangan dibuang baterai yang bekasnya, sebab pada umumnya di dalam unit baterai yang rusak tersebut, tidak semua sel baterainya drop/mati, malah kebanyakan lebih banyak yang masih bagusnya dari pada yang rusaknya.
Ada satu saja sel baterai yang rusak(sort) akan menyebabkan unit baterai laptop lemah, cepat habis, tidak dapat diisi, bahkan mati sama sekali.

Contoh unit baterai Laptop
Dalam satu unit baterai laptop di dalamnya terdiri dari beberapa sel baterai biasanya 6 buah, umumnya adalah model 18650. (ukurannya lebih besar di atas ukuran baterai AA).

Melihat isi dari unit baterai laptop

Perbandingan ukuran baterai 18650 dengan baterai AA 

Selain ukuran fisik yang berbeda, tegangan masing-masing baterai juga berbeda, Baterai AA tegangannya 1,5 Volt, sedangkan model 18650 tegangannya adalah 3,7 Volt.

Untuk membongkarnya silakan mau cara bagaimana, kalau aku mudahnya menggunakan tang pemotong seperti diperlihatkan di gambar atas, yang penting harus berhati-hati jangan sampai terjadi konslet, jangan sampai antara kutub positip dengan negatifnya terhubung, karena kalau ada setrumnya baterai bisa meledak.

Putus dan lepaskan konduktor (penghubung) masing-masing baterai menggunakan tang pemotong sampai baterai rapi kutub-kutubnya (ujung-ujung positif dan negatifnya).

Baterai yang masih menempel satu sama lain dilepaskan
Kamu Wajib mengetahui mana kutub Positif dan mana kutub Negatif karena dalam penggunaannya nanti Tidak Boleh Tertukar.

Perhatikan permukaannya :

Kutub Positif baterai 18650

Kutub Negatif  baterai 18650
Kalau kamu memiliki AVO meter (Ampere Volt Ohm) langsung saja ukur tegangannya kalau masih ada tegangannya biasanya masih bagus, Banyak AVO meter yang harganya murah meriah, search saja di Bukalapak atau tokopedia.

Untuk mengetahui baterai bagus tidaknya, kamu juga bisa membeli charger untuk baterai 18650 ini, harganya sangat murah yang di bawah 15 Ribu juga bagus. (bukulapak atau tokopedia banyak yang menjual). 
Lakukan pengisian baterai, kemudian lihat lampu indikatornya, kalau tidak mau ngisi berarti baterai rusak.
Kalau indikator pengisiannya jalan, belum tentu juga baterainya bagus, tunggu beberapa menit (sekitar 10 menit), kemudian buka dan ukur tegangannya, kalau di atas 3 Volt berarti bagus.






Pisahkan Baterai yang bagus untuk kemudian kita manfaatkan. 


Bagus untuk Power Bank.

Banyak Power Bank yang beredar , real capacitynya tidak sesuai dengan yang ditulis.
Sudah beli mahal-mahal, hanya dipakai mengisi dua kali smartphone juga sudah habis, tentunya sangat mengecewakan.
Mending beli Casing Power bank kemudian  baterainya kita instal/pasa sendiri.

Kualitas baterai bawaan orisinil laptop sangat bagus, berbeda dengan baterai-baterai yang banyak beredar sekarang walaupun baru tapi performanya beda, apalagi baterai yang dijualnya dengan harga sangat  murah, sudah pasti performanya tidak bagus.

Belilah Casing yang dapat menampung  baterai 5 atau 6, model 18650. Diisi satu baterai juga, Power banknya sudah bisa dipakai, cuma berarti kapasitas mAhnya kecil. kalau bisa diisi 5 atau 6 baterai dari orinya laptop yang masih bagus ..wah pasti mantapp.

Casing Power Bank banyak yang jual di Bukalapak atau Tokopedia, harganya sekitar 40 Ribuan.

Perhatikan memasang baterai jangan sampai tertukar Positif-negatifnya, ciri yang paling mudah untuk negatif yang ada per-nya.


Setelah baterai dipasang pada casing Power bank, lakukan charging /pengisian seperti pada Power bank  pada umumnya. dan kemudian Power bank dapat dipakai setelah terisi power/strumnya.

Kalau powerbank  dicharging tidak penuh-penuh atau setelah dipakai sangat mudah habis berarti ada baterai yang tidak normal. Cara mengeceknya : Lakukan charging (kalau baterai habis), setelah terisi kemudian buka tutup casingnya, kemudian buka semua baterai, ukur tegangannya satu persatu menggunakan  AVO meter. Kalau ada tegangan yang berbeda jauh di bawah yang lainnya , berarti baterai tersebut rusak. (mendingan baterai yang ada di power bank jumlahnya lebih sedikit dari pada diisi dengan yang rusak).


Baterai bekas laptop ini tidak hanya untuk Power bank bisa juga untuk yang lainnya, tunggu postingan berikutnya.

Artikel Terkait