Menyelamatkan data tanpa membuka harddisk ketika OS/Windows Rusak

Tags

Copy data dari Windows/OS yang bermasalah.

Untuk mengambil data dari komputer yang bermasalah dengan OSnya (Operating System), misalnya tidak bisa berhasil masuk ke Windows karena Windowsnya corrupt atau karena kena virus, ada dua cara penanganannya yaitu dengan mencopot harrdisknya untuk dipasang di komputer lain yang OSnya bagus untuk dicopy datanya, dan cara kedua tanpa mencopot Harddisk yaitu dengan menggunakan tools atau software semacam Live CD yang memiliki fasilitas File Explorer di dalamnya.

OS yang bermasalah masih bisa diinstal atau diformat ulang komputernya, berbeda dengan data-data penting yang ada di dalamnya, ini yang menjadi masalah dan kita tentu tidak ingin kehilangan data-data tersebut. Untuk itu sebelum memformat atau menginstal ulang tentunya harus diselamatkan atau dicopy terlebih dahulu data-datanya.

Kalau data disimpan dalam partisi harddisk yang berbeda dengan partisi OSnya, sebenarnya masih aman dan kita bisa langsung format ulang /instal ulang OSnya tanpa mengganggu partisi harddisk dimana data-data berada.
Tetapi umumnya akan ada perasaan waswas takut datanya hilang. Takut misal ketika mengikuti Wizard ada salah-salah misal tertukar partisinya, atau salah klik dll.

Yang akan dibahas pada postingan ini yaitu cara kedua, menyelamatkan data  tanpa mencopot harrdisknya. yaitu menggunakan Live CD PuppyLinux Lucid Puppy-528, yang digunakan sebagai File Explorer untuk mengcopy data dari harddisk internal komputer, ke USB Flashdisk atau harddisk external.

• Download Lucid Puppy dari webnya di puppylinux.org atau search dengan kata kunci download lupu-528. Memilih yang Lucid Puppy karena ukuran filenya yang lebih kecil (ukurannya sekitar 135MB) dibanding dengan puppy linux yang lainnya.
• Setelah berhasil download file ISOnya kemudian burning ke CD. caranya dapat dilihat pada link berikut.
• Siapkan USB Flashdisk atau harddisk external (untuk tempat penyimpanan datanya) dan colokkan ke salah satu port USB di komputer.
• Kemudian lakukan Boot komputer menggunakan CD Lucid Puppy yang diburning tadi. Sebelumnya Bios komputerntya harus diset terlebih dulu supaya pilihan boot pertamanya diarahkan ke CD/DVD drive.
• Tampilannya seperti berikut:


• Yang dilingkari adalah drive-drive yang terdeteksi, ada Floppy disk ada Harddisk, perangkat USB(flashdisk/Hdd external), CD/DVD drive.
• Untuk mencopy datanya tinggal explore pada harddisk dan pilih data-data yang akan dicopy, kemudian buka juga flashdisk/harddisk external, kemudian lakukan drag & drop seperti halnya pada Windows atau komputer GUI pada umumnya.

Artikel Terkait