Cara koneksi Bluetooth Audio Receiver

Kalau anda mempunyai perangkat audio Amplifier, speaker aktif, atau apalah istilahnya yang belum dilengkapi dengan bluetooth receiver, tentu kalau ingin menjalankan lagu/musik dari smartphone, tablet komputer dll supaya terhubung ke speaker aktif/audio amplifier tersebut maka koneksinya harus menggunakan kabel.

Tapi sekarang sudah banyak dijual bluetooth audio receiver yang bentuknya seperti Flashdisk dan harganya relatif murah, dapat dijadikan solusi untuk perangkat audio amplifier atau speaker aktif yang belum memiliki Bluetooth. sehingga anda tidak memerlukan kabel lagi yang dihubungkan dari smartphone ke speaker aktif untuk mendengarkan musik dari smartphone/tablet.

Bluetooh Audio Receiver
Cara menyambungkan Audio Bluetooth receiver diperlihatkan pada gambar berikut :


Untuk supply listriknya Bluetooth jenis ini bisa dicolok ke adaptor charger HP/smartphone yang ada soket USBnya (5V DC).

Dengan koneksi bluetooth kita bisa bebas bergerak mau sambil tiduran, duduk atau berjalan pun tidak masalah, menikmati dan memilih-milih lagu kesukaan dari smartphone atau komputer tablet anda.
Dengan koneksi Bluetooth kita bebas bergerak

Cara setting koneksi Bluetooth audio receiver :
Untuk dapat digunakan, Bluetooth audio ini harus dipairing terlebih dulu.

1. Sambungkan kabel audio dari Bluetooth ke Line Input perangkat Audio Amplifier atau speaker aktif.
2. Colokkan konektor (soket USB) Bluetooth ke adaptor HP atau ke terminal USB lainnya (laptop atau komputer) untuk supply tegangan listriknya.

3. Sekarang dari Smartphone anda, aktifkan/Jalankan Bluetooth, (Contoh untuk Android)
4. Dari menu Setting pilih Bluetooth kemudian On-kan


5. Tunggu sesaat untuk proses searching perangkat bluetooth, kemudian setelah terdeteksi akan muncul di Available Devices perangkat bluetooth audio yang berlogo headset, pada bluetooth saya bernama YET-MI.


6. Tap/sentuh untuk memulai proses pairing.
Pairing berhasil setelah nama bluetooth tadi berpindah ke Paired Devices dan statusnya Connected.

Audio Bluetooth Sudah dapat digunakan

7. Sekarang  musik dari Smartphone kalau dijalankan suaranya sudah berpindah menjadi ke Amplifier atau speaker aktif.

Artikel Terkait