Cara Mengetahui Tegangan dan Arus Port USB

Ketika proses charging(pengisian)  HP, Smartphone, komputer tablet, power bank, dll, prosesnya untuk sampai penuh ada yang memerlukan waktu lama, sedang, dan ada juga yang sebentar.
Cepat atau lambatnya proses pengisian tersebut  tergantung dari 2 hal yaitu :
- Besar kecilnya arus yang mengalir dari charger atau sumber tegangan ke perangkat yang diisinya.
- Kemudian yang kedua yaitu  tergantung dari kapasitas baterai smartphone, Hp, dll yang diisinya, semakin besar mAHnya maka akan semakin lama proses pengisiannya untuk sampai penuh.

Kalau anda penasaran atau sekedar ingin tahu atau mungkin punya sedikit masalah merasa ada yang aneh dengan proses pengisian perangkat yang anda miliki yang menggunakan port USB (tegangan 5 Volt DC), dari USB charger atau dari USB laptop/komputer. Anda dapat menggunakan alat ukur yang praktis yaitu mini USB tester.

Mini USB tester
Mini USB tester yaitu alat untuk mengetahui Tegangan (Vokt DC) dan arus (Amphere) dari suatu  port USB.

Bagi anda yang belum tahu cara instalasi dan cara kerjanya, sederhana saja, tidak mungkin salah colok,dapat dilihat pada gambar di bawah  berikut.

Model mini USB tester seperti yang saya gunakan ini, untuk displaynya akan bergantian secara otomatis antara tegangan(Volt) dan arus (Amphere).selang beberapa detik.  

Pada contoh berikut tegangan dari charger terbaca 5,03V

Display mini USB tester  sedang menunjukkan tegangan dari Charger
Arus yang mengalir dari charger ke smartphone terbaca 1,05A
Display mini USB tester sedang menunjukkan Arus dari Charger ke smartphone
Kemudian berikut contoh Tegangan di port USB laptop, pada contoh terbaca 4,86V

Display mini USB tester sedang menunjukkan tegangan dari port USB laptop

Dan arus yang mengalir dari port USB laptop ke smartphone adalah sebesar 0,46A

Display mini USB tester sedang menunjukkan arus  dari port USB laptop
Dari contoh display seperti yang ditunjukkan di atas kita akan dapat mengetahui misalnya mengapa suatu proses pengisian berjalan cepat atau lambat atau bahkan tidak mengisi sama sekali, dilihat dari arus listrik yang mengalirnya.

Kita juga dapat mengetahui jika  suatu charger tidak normal atau rusak.
Tegangan suatu port USB standard adalah 5 V ± 5% .

Tidak hanya itu. Pernahkah anda mengalami port USB laptop atau komputer anda rusak?, yang disebabkan oleh perangkat USB yang short di dalamnya. Misalnya setelah dicolok oleh Flashdisk tertentu port USB menjadi rusak,  Flashdisk tersebut ada yang short di dalamnya, kalau dicolok melalui USB tester ini maka arus yang ditunjukkan sangat tinggi. normalnya dibawah 0,05 A.

Jadi kita bisa mengantisipasi agar port USB laptop kita tidak rusak, untuk perangkat USB yang belum pernah dicolok ke Laptop/komputer kita, untuk pertama kali tidak ada salahnya sambil diukur arusnya, siapa tahu arusnya diluar yang semestinya sehingga kalau diteruskan dapat merusak port USB laptop/komputernya.

Berikut contoh mengetahui arus ke Flashdisk
Mengetahui arus ke Flashdisk
Perangkat mini USB tester ini banyak dijual dan harganya relatif murah, bisa search di toko online dengan kata kunci misal usb tester .



Artikel Terkait