Cara transfer domain dari godaddy

Tags

Cara transfer atau memindahkan domain dari suatu registrar domain (pengelola domain) ke registrar domain lainnya caranya tidaklah sulit, cukup meminta EPP code ( EPP code adalah kode otorisasi domain sebagai kode keamanan) dari registrar domain awal, untuk di entrikan di registrar domain yang baru.

Contoh domain saya dengan nama bagaimanacara.info di Godaddy.com akan dipindahkan ke Rumahweb.com, alasan pemindahan mungkin berbeda-beda bagi setiap orang, kalau saya alasannya karena nama domainnya berbahasa indonesia dan target usernya adalah di indonesia, jadi mau memindahkan ke registrar domain yang ada di Indonesia. Kemudian alasan lainnya adalah harganya disini lebih murah :).

Langkah-langkah untuk transfer Domain :
Pada contoh yang dipakai adalah transfer dari GoDaddy ke Rumahweb.

1. Login ke Godaddy, kemudian pilih domain yang akan dipindahkan/ditransfer.


2. Masuk ke Setting Domain.
3. Edit Contact Information kalau belum update.
4. Domain Lock harus pada posisi off.
5. Kemudian pilih/klik pada Get authorization code. (ini yang dimaksud EPP code)
6. Epp code atau authorization code akan dikirim lewat email, kode tersebut diperlukan untuk dientri di Domain Registrar yang baru.






7. Tinggalkan Godaddy, sekarang kita login ke Domain Registrar yang baru (saya menggunakan Rumahweb ) sebagai lokasi nama domain yang akan dipindah/ditransfer tadi. Kalau belum punya akun silakan registrasi/daftar dulu.
8. Setelah berhasil log-in/sign-in atau masuk ke domain registrar yang baru, pilih pada menu Domain.
9. Pilih Transfer Domain ke Sini.



10. Masukkan nama Domain yang mau dipindah tadi. kemudian klik
Continue.



11. Kalau tidak ada masalah akan ada informasi bahwa domain available dan menginformasikan harga domain, kita bisa pilih untuk 1 tahun atau lebih.
12. Pada langkah selanjutnya akan diminta EPP code atau authorization code yang tadi dikirim dari Godaddy lewat email yang digunakan di Godaddy.


13. Kemudian langkah selanjutnya ikuti saja wizardnya  sampai ke proses pembayaran.

14. Kalau sudah dibayar dan sudah diconfirmasi pembayarannya, maka akan ada email dari Godaddy,  Domain Transfer Notice , di arahkan untuk masuk ke akun kita di Godaddy untuk konfirmasi apakah mau transfer domain atau batal.
15. Log in  kembali ke Godaddy, masuk lagi ke Domain setting, pilih pada menu/tab: Transfers. disana akan muncul nama domain yang akan ditransfer untuk dilakukan verifikasi apakah benar-benar mau ditransfer atau tidak. klik pada Manage.



15. Klik pada Accept or decline,

16. Pada jendela selanjutnya pilih Accept transfer, kemudian klik OK
17. Tunggu beberapa saat, akan ada email dari registrar domain yang baru yang menyatakan domain telah aktif di registrar yang baru.

Artikel Terkait