Supaya Foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis

Agar Foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis.
Foto WhatsApp agar jangan langsung download otomatis.

Agar Foto-foto atau gambar yang diterima lewat Whatsapp tidak tersimpan secara otomatis, karena foto-foto tersebut belum tentu kita perlukan, dan tentunya akan memakan tempat /ruang memory, apalagi kalau anda misalnya bergabung dalam beberapa grup, memory akan cepat dipenuhi oleh foto-foto atau gambar yang belum tentu anda sukai atau anda butuhkan, maka sebaiknya setting download/unduhnya tidak dibuat otomatis.

Secara default foto-foto atau gambar yang diterima di Aplikasi WhatsApp akan langsung didownload dan tersimpan di memory.
Untuk Video, audio dan Dokumen lain, bawaan setting WhatsAppnya tidak didownload secara otomatis, tetapi siapa tahu di Smartphone anda sudah diset otomatis download, jadi perlu diperhatikan juga.


Untuk membuat agar download foto/gambar, audio dan video di WhatsApp tidak otomatis. di WhatsApp for Android

1. Tap/sentuh pada Menu (ikon titik 3 vertikal).



2. Pilih Settings.


3. Pilih Data Usage.

4. Perhatikan pada Media Auto-download, secara default foto(photos) akan otomatis didownload pada koneksi mobile data ataupun ketika menggunakan wifi.

5. Tap pada masing-masing koneksi agar foto tidak didownload otomatis, yang pertama pada When using mobile data. Hilangkan semua centang/ceklist, kemudian tap OK.


6. Lakukan langkah dan perlakuan yang sama untuk koneksi Wi-fi, dan When roaming.
Sehingga pada semua koneksi (when using mobile data, When connected on Wi-Fi, dan When roaming) tidak ada media yang didownload (no media)



Maka sekarang kalau ada kiriman foto (juga video dan dokumen) di whatsapp, tidak akan langsung didownload, harus anda tap dulu untuk mulai mendownload.

(Capture di atas saya menggunakan Android 6.0 Marshmallow).

Artikel Terkait