Latest Posts

Cara Menampilkan Hyperterminal di Windows 8

By 06:53

Menjalankan Hyperterminal di Windows 8.


Hyperterminal adalah aplikasi kecil bawaan MS Windows yang dipakai untuk komunikasi data antar komputer, komunikasi ke peralatan/ mesin, modem, dll, melalui port serial com  atau TCP/IP winsock

Seperti halnya pada Windows 7, pada Windows 8 pun hyperterminal tidak ditemukan, pertimbangannya mungkin karena saat ini perkembangan untuk komunikasi data sudah begitu pesat yang lebih mengandalkan port ethernet atau port USB, sehingga aplikasi kecil dan klasik ini tidak disertakan di Windows 7 dan Windows 8, padahal sebenarnya masih banyak orang yang memerlukannya.

Agar program hyperterminal ini ada di laptop atau komputer Windows 8 anda, ada trik yang  sangat mudah yaitu kita tinggal mengcopynya dari komputer yang masih menggunakan Windows XP, hanya diperlukan 2 file. Search dan copy file :  hypertrm.exe dan hypertrm.dll . kemudian simpan ke komputer Windows 8, buat folder baru di mana saja C atau D, E terserah anda.

Kalau anda  tidak mempunyai Windows XP, kedua file tersebut sudah saya simpan dan bisa didownload di onedrive dengan link https://goo.gl/gUgQVE   (silakan copas sengaja tidak dapat diklik) dalam satu file zip, ukurannya kecil dibawah 200KB.
Setelah download, extract dalam satu folder yang sama di Windows 8.

Untuk menjalankan dobel klik file hypertrm.exe


Ada sedikit kekurangan yaitu icon-iconnya hilang, tapi menurut saya tidak apa-apa karena secara fungsi bekerja dengan normal.


Semoga bermanfaat.


Posting Lainnya :
• Menampilkan All Menu Programs di Windows 8 
• Cara Menghapus Stored Password di Windows 




You Might Also Like

No comments: