Latest Posts

Menampilkan Widget / Gadget Hanya Pada Halaman Depan di Blogger

By 10:15

Mungkin suatu saat anda ingin menambahkan gadget/widget di Blogger, tapi hanya ingin tampil pada halaman utama /home pagenya saja, dengan kata lain gadget tersebut tidak ingin  ditampilkan pada halaman-halaman lain, halaman posting dan pada halaman statik (static page).

1. Login ke Blogger
2. Pilih Menu Template
3. Lakukan Backup template terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Pilih Menu Backup/Restore, Klik pada Download Full Template
4. Kalau sudah dibackup, kemudian  Pilih Edit HTML
5. Lakukan pencarian  Gadget yang anda maksud di halaman HTML ini, dengan menekan tombol Ctrl+F dan mengetikkan nama gadgetnya (kalau gadget tidak ada namanya, berilah nama terlebih dulu, masuk melalui menu Layout dari dashboard).

Kalau sudah ketemu kode area untuk gadget yang dimaksud (klik pada tanda panah hitam untuk expand kalau kode lengkapnya belum tampil), kemudian  sisipkan kode :  <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> setelah/dibawah kode <b:includable id='main'> , kemudian tambahkan kode penutup tagnya </b:if> di atas kode </b:includable>

Berikut ini adalah contohnya, perhatikan kode yang berwarna merah adalah kode yang ditambahkan, yang berwarna biru sebagai patokan untuk menyimpan/menyisipkan kode.

<b:widget id='HTML3' locked='false' title='Recent Posts' type='HTML'
<b:includable id='main'> 
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> 
<!-- only display title if it's non-empty --> 
<b:if cond='data:title != ""'> 
<h2 class='title'><data:title/></h2> 
</b:if>
......................
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:if>
</b:includable> 

</b:widget>


Kemudian klik Save Template untuk menyimpan.

You Might Also Like

No comments: