Cara Disable Auto Brightness Sony Vaio

Saya mempunyai Laptop Sony Vaio yang memiliki fitur Auto brightness yaitu tingkat kecerahan layar akan selalu menyesuaikan secara otomatis dengan kondisi cahaya di sekitar. Tapi mungkin ada kesalahan mendeteksi cahaya pada laptop saya sehingga saat dipakai di luar ruangan pada siang hari yang terang, tingkat kecerahan layarnya dirasa kurang, terasa redup.  Tentu saja saya naikkan brightnessnya dengan menekan tombol FN+F6, sehingga nyaman di mata. Tetapi beberapa saat kemudian layar kembali redup, itu karena fitur auto brightnessnya aktif kembali.

Saya mencari-cari untuk mendisable fitur auto brightness, sampai ke Power options dan mematikan adaptive brightness, setting display dll. tetapi belum menyelesaikan masalah.

Ternyata solusi akhirnya sederhana saja, Laptos Sony Vaio memiliki Aplikasi Vaio Control center, disana adanya setting untuk enable/disable Auto brightness. yaitu pada menu Display.
Untuk masuk ke Vaio Control Center, bisa masuk melalui Start menu atau dari kolom pencarian, ketikkan saja vaio control center.



Di tampilan utama Vaio Control Center, pilih menu Display, kemudian pilih Automatic Brightness Settings, lepaskan ceklis pada Adjust brightness automatically.

Artikel Terkait