Membuat Installer Ubuntu di Flashdisk

Cara membuat bootable flashdisk installer Ubuntu menggunakan komputer Windows.



Ubuntu adalah sistem operasi dari Linux sama halnya seperti Windows, bedanya kalau secara lisensi  Ubuntu gratis sedangkan Windows berbayar.

Kalau anda ingin mencoba atau menginstal Ubuntu di komputer/laptop anda tinggal download saja dari websitenya di ubuntu.com, pilih  versi desktop untuk diinstal di komputer/laptop anda. Format filenya adalah ISO yang nantinya bisa anda burning ke DVD atau dibuat instalernya di USB Flashdisk.

Menginstall Ubuntu caranya mudah tinggal ikuti saja wizardnya, bahkan lebih sederhana dan lebih mudah dibanding dengan menginstal Windows. Akan ada pilihan anda mau mencoba dulu (menjalankan tanpa menginstal ) atau langsung menginstalnya ke hard disk.

Aplikasi standard seperti Office, browser, utility, file manager dll sudah tersedia. Untuk aplikasi yang belum ada, anda dapat menginstalnya  melalui menu Ubuntu software.
Untuk lebuh jelas dan lebih lengkap tentang Ubuntu anda tinggal browsing saja karena banyak sekali informasi dan artikel tentang Ubuntu.

Kembali ke inti bahasan yaitu bagaimana cara membuat Installer Ubuntu di Flashdisk.
Ada banyak cara untuk membuat bootable installer di flashdisk, pada postingan ini saya menggunakan cara mudah yaitu menggunakan tool bernama Rufus.

Berikut tahapan membuat Installer Ubuntu di USB flash disk :
1. Siapkan flashdisk ukuran minimal 2GB.
2. Download Ubuntu kalau belum tersedia. Sebaiknya gunakan software download manager karena ukurannya lumayan besar diatas 1 GB.
3. Download Rufus dari webnya di https://rufus.akeo.ie   ukurannya kecil  di bawah 1 MB (saya memilih versi portable karena tidak perlu diinstal di komputernya).

4. Colok/masukkan flashdisknya
5. Jalankan Rufus.
6. Untuk setingannya perhatikan gambar.


7. Untuk Device, arahkan ke USB flashdisk yang dimaksud.
8. Pada Partition scheme and target system type pilih : MBR partition scheme for UEFI.
9. File system pilih FAT 32.
10. Clister size: 4096 bytes
11. Beri ceklis pada Quick format.
12. Beri ceklis pada Create a bootable disk using, kemudian browse ke lokasi file ISO ubuntu yang sebelumnya sudah didownload.
13. Beri ceklis pada Create extended label and icon files.
14. Klik Start untuk memulai proses, tunggu sampai selesai.
(Pastikan komputer terhubung ke Internet, dibutuhkan Rufus untuk melengkapi file atau library yang diperlukan)


Untuk menggunakan flashdisk installer, boot order di BIOS komputernya harus diset, USB flashdisk prioritynya paling atas/pertama.


Artikel Terkait