Latest Posts

Cara mudah menyetem Gitar dengan aplikasi

By 19:43

Banyak aplikasi smartphone untuk memudahkan kita dalam menyetel atau istilah yang umum yaitu menyetem gitar.

Untuk gitar yang sudah dilengkapi modul penyetem gitar, tentu  tidak memerlukan lagi aplikasi ini, tinggal lihat lampu indikator yang ada pada gitar tersebut apakah nada kerendahan, ketinggian atau sudah pas,

Untuk gitar yang tidak dilengkapi modul penyetem, saya rekomendasikan aplikasi dengan nama Guitar Tuna yang dapat diinstall di Android atau iOS.

Pengunaannya sangat mudah, tinggal jalankan aplikasi, dekatkan smartphonenya ke gitar, petik/bunyikan senar gitar maka aplikasi akan mendeteksi nada, kerendahan atau ketinggian  bisa dilihat secara visual di layar smartphone, sambil kemudian kita set/putar tuner/tuning key gitar, untuk mendapatkan nada yang pas.
Selain secara visual, juga kalau nadanya sudah pas akan terdengar bunyi yang menyatakan nada sudah tepat.


Itu tadi kalau difungsikan secara otomatis. Guitar tuna juga dapat dipakai secara manual menghasilkan nada mana yang kita inginkan, misalnya kita ingin nada A maka kita tinggal pilih A dan akan mengeluarkan suara string A, dst.

Silakan diinstall di smartphone anda baik Android atau IOS, dengan masuk ke Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). search dengan menggunakan kata kunci guitar tuna.





You Might Also Like

No comments: