Cara mudah untuk mengetahui alamat IP Public

Ketika kita terhubung ke Internet, alamat IP yang umumnya tertera atau dipakai di komputer kita adalah alamat IP lokal (private IP address), Alamat IP internetnya atau Public IPnya berada di perangkat router yang berada di ISPnya, kecuali kalau kita mempunyai atau menyewa khusus IP Publik, maka IP publiknya dapat langsung dipasang di komputer kita, tapi hal itu juga jarang karena walaupun kita memiliki IP publik, tetap umumnya akan dipakai melalui Router.

Perintah command ipconfig di Windows atau ifconfig di Linux  adalah untuk mengetahui IP local, IP yang terpasang di perangkat NIC (Network Interface Card) yang ada di komputer kita  untuk dapat terhubung ke network. ke router dan kemudian ke Internet.



Untuk mengetahu IP Public internet yang tersambung ke komputer kita caranya yaitu melalui browser internet, tinggal cari atau ketikkan di Google, Yahoo, Bing atau yang lainnya dengan kata kunci Whats my IP address, akan mendapat banyak hasil pencarian, tinggal kita memilih mau dapat informasi IP publik dari yang mana, sama saja, cuma  menurut saya tampilannya banyak terganggu oleh informasi yang tidak perlu, iklan dll.

Supaya tidak terganggu tampilannya untuk mengetahui public IP address yaitu dengan menggunakan alamat ip4.me
Langsung saja tulis di browserna ip4.me  akan didapat tampilan yang lebih sederhana



Tampilannya simple, ada informasi mengenai IP6nya juga.

Artikel Terkait