Customize Ctrl Alt Del Windows 10

Kombinasi menekan tombol Ctrl+Alt+Del di Windows 10 akan memunculkan kotak dialog Windows Security dan Task Manager.

Ketika suatu aplikasi bermasalah biasanya jurus terakhir adalah menekan tombol Ctrl+Alt+Del terbawa kebiasaan lama saat menggunakan Windows 95 atau Windows 98 (dulu untuk melihat program yang sedang berjalan dan menekan sekali lagi untuk merestart). Sekarang pun tidak ada salahnya menekan Ctrl+Alt+Del karena ada Task Manager disana untuk melihat, menghentikan paksa program yang sedang berjalan, melihat performa CPU Memory, dll.

Bawaan di Windows 10 ketika menekan tombol kombinasi Ctrl+Alt+Del akan muncul pilihan berikut yaitu Lock, Switch user, Sign out, Change password, dan Task Manager.


Anda dapat mengcustomize, mengurangi pilihan yang ditampilkan, misalnya hanya menampilkan Task Manager saja. Menghilangkan Lock dengan Switch user, dll. Caranya yaitu:


1. Tekan logo Windows+R (untuk menampilkan Run dialog).


2. Ketikkan gpedit.msc pada kolom Run, klik OK atau tekan Enter, akan muncul jendela GPEdit (Local Group Policy Editor).

3. Masuk ke :  User Configuration, Administrative Templates, System, Ctrl+Alt+Del Options.



4. Di layar sebelah kanan ada pilihan untuk:
Remove Change Password,
Remove Lock computer,
Remove Task Manager,
Remove Logoff.

5. Yang harus dilakukan tinggal dobel klik mana yang akan anda hilangkan kemudian pilih Enable. Misalnya anda ingin menghilangkan tampilan Change Password.
Dobel klik atau tekan Enter pada Remove Change Password


Pilih Enabled, klik Apply, klik OK. Maka sekarang kalau menekan tombol Ctrl+Alt+Del tidak ada lagi pilihan Change Passwordnya.

Tidak ada pilihan Change Password

Lakukan langkah yang sama untuk  menghilangkan tampilan yang lainnya (Lock, Sign out, Task Manager).
Untuk mengembalikan ke setting semula, pilih pilihan sebaliknya yaitu Disabled.