Membuat Foto Profil tanpa dicrop

Cara mudah membuat Profile photo tanpa crop baik itu untuk WhatsApp, Line, Instagram, Facebook, Google, dll.

Foto profil dari aplikasi jejaring sosial umumnya menggunakan  gambar awal dengan ukuran sama untuk lebar maupun tinggi (berbentuk kotak persegi) atau dengan kata lain yaitu menggunakan Aspect ratio 1:1, walaupun nantinya ada yang menggunakan profil bulat. Sedangkan umumnya foto yang dihasilkan kamera adalah menggunakan aspek rasio 4:3 atau 16:9(wide).
Foto dengan aspek rasio 4:3 atau 16:9 kalau mau dijadikaan foto profil (aspek rasio 1:1) maka harus di-crop. dengan begitu berarti ada bagian foto yang harus dipotong/dihilangkan.

Kalau anda ingin foto dengan aspek rasio  4:3, 16:9, atau ukuran lainnya dijadikan foto profil tetapi tidak mau dicrop, tidak mau dipotong, maka anda dapat menggunakan sebuah aplikasi kecil untuk smartphone baik itu Android atau iOS dengan nama No Crop.
Aplikasi No crop mengubah gambar dengan aspek rasio berapapun diubah menjadi aspek rasio 1:1 dengan cara menambah ukuran gambar yang diperlukan dan memberikan efek pada daerah tambahan tersebut.

Contoh aspek rasio dibuat 1:1 tanpa crop
Untuk Android silakan masuk ke Play Store, cari aplikasi dengan kata kunci: no crop
Akan ada banyak hasil pencarian, saya rekomendasikan aplikasi No Crop for WhatsApp dari Mountain Reacher,

Cara penggunannya mudah, Jalankan aplikasi No Crop, pilih gambar/foto dari galery, beri efek yang kita inginkan, kemudian simpan. Gambar/foto siap untuk dijadikan foto profil tanpa cropping.


Artikel Terkait