Membuat Shortcut di Android

Cara mudah membuat shortcut di Android.

Kalau anda sering membuka file atau dokumen tertentu baik itu gambar/foto, pdf, audio, video, dll supaya lebih mudah dan cepat dapat dibuat shortcutnya di layar depan.
Juga misalnya kalau anda sering bolak balik ke menu yang ada di dalam menu Settings atau ke menu-menu yang lainnya, lebih mudah kalau dibuatkan shortcutnya.
Untuk membuat Shortcut di Android ada cara yang mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama Shortcut Creator.


Untuk menginstal silakan masuk ke Play Store dan search aplikasi dengan kata kunci Shortcut Creator. Ada banyak hasil pencarian, saya rekomendasikan untuk memilih Shortcut Creator dari Alex TernHome (lihat gambar). Kemudian tap tombol Install.


Penggunaannya sangat mudah.
Misalnya saya akan membuat shortcut untuk Apps info yang  berada di menu Setting dan sekarang akan dibuat shortcutnya supaya untuk masuknya tinggal langsung tap/sentuh di layar depan, tanpa harus masuk ke menu setting terlebih dahulu.

1. Jalankan Shortcut Creator
2. Pilih Settings, (karena saya akan membuat shortcut untuk Apps info yang berada di menu Settings).


3.  Selanjutnya pilih object yang akan dibuat shortcutnya (dalam contoh saya memilih App info).


4. Pada langkah selanjutnya, kita dapat memilih/mengganti icon untuk tampilan shortcutnya serta memberi/mengganti nama. Tidak diganti pun tidak apa-apa tergantung keinginan.


5. Tap/sentuh pada tombol + ,  shortcut akan langsung jadi dan tampil di main screen/tampilan depan .

Itu adalah contoh untuk membuat shortcut dari Apps info yang berada di menu Settings.
Dengan Shortcut Creator juga anda dapat membuat shortcut untuk obyek yang lainnya, untuk aplikasi, kontak, template message, dll.