Memindahkan Lokasi Folder Documents Windows 10

Documents di Windows (My Document kalau di Windows 7 dan Windows Windows sebelumnya), adalah special folder yang diperuntukkan untuk menyimpan data atau file-file dokumen.
Ketika kita bekerja menggunakan program atau aplikasi apapun baik pengolah data, pengolah kata, editing gambar, video dll, umumnya ketika akan menyimpan file hasil kerja, secara default akan di arahkan ke folder Documents ini.

Folder Documents ini sebenarnya adalah shortcut dari folder sebenarnya yang secara default lokasinya berada di C:\Users\nama user

Dengan berbagai pertimbangan mungkin anda ingin memindahkan lokasi folder dari Documents ini.
Misalnya ingin dokumen berada di drive D karena kalau ada masalah dengan OS Windows, file-file dokumen tetap aman karena berada di drive yang berbeda.

Cara memindahkan lokasi folder Documents dari lokasi default ke lokasi baru yang diinginkan.



1. Buka File Explorer
2. Klik kanan pada Documents
3. Pilih Properties.


4. Pada jendela Documents Properties pilih tab Location.
5. Kilk tombol Move.

6. Arahkan lokasinya ke drive dan ke folder yang diinginkan, atau dapat membuat folder baru. Misalnya dalam contoh saya membuat folder dengan nama docs yang berada di drive E. Kemudian klik tombol Select Folder.




7. Pada jendela selanjutnya dapat dilihat lokasi folder telah berganti ke lokasi yang baru (dalam contoh E:\docs) kemudian klik Apply, klik OK.



Sekarang lokasi penyimpanan file dokumen telah berpindah. (Dari sebelumnya C:\Users\user\document ke lokasi baru E:\docs). Tidak berpengaruh terhadap tampilan 'Documents'
yang berbeda adalah lokasi penyimpanan filenya.