Menampilkan Layar Android di Monitor PC atau TV

Menampilkan layar Android di  monitor PC atau TV agar tampilannya menjadi besar sesuai dengan ukuran layar monitornya  sehingga lebih nyaman untuk dilihat beramai-ramai. Misalnya ketika menonton video baik itu dari Youtube atau sumber yang lainnya. Atau anda mau sharing, presentasi atau memperlihatkan sesuatu yang ada dalam smartphone anda.


Untuk keperluan menampilkan layar smartphone (Android atau iOS) ke layar TV atau ke layar monitor komputer yang dapat dilakukan saat ini yaitu dengan menggunakan perangkat HDMI Wifi Display Receiver. yang dapat meneruskan display smartphone ke port HDMI yang ada di TV atau monitor PC melalui koneksi wifi.


Wifi display receiver yang saya gunakan adalah Anycast M2 Plus, harganya sangat terjangkau sekitar seratus ribuan.
Untuk Anycast M2 ini koneksinya mudah, syaratnya monitorTV atau projectornya harus mempunyai input port HDMI.

Cara instalasi Anycast M2 Plus :


1. Ada dua bagian terpisah untuk Anycast M2 Plus ini, satu rangkaian kabel yang terdiri dari modul wifi dilengkapi dengan terminal USB sebagai input untuk power supplynya. Kemudian satu lagi berupa modul utamanya yaitu Anycast display receiver.

2. Sambungkan/colokkan terlebih dahulu port micro USB dari rangkaian kabel ke modul utama Anycast display receiver.
3. Kemudian colokkan Anycast display receiver ke port HDMI yang ada di monitor PC, layar projector atau TV.
4. Colokkan port USB sebagai input power supply/catu daya,  ke port USB yang ada di TV, monitor, projector atau dapat disambungkan ke charger HP/smartphone. (pada beberapa TV, port USBnya tidak cukup daya untuk dapat menjalankan Anycast m2 ini, jadi anda dapat menggunakan charger handphone tipe USB sebagai solusinya.

5. Nyalakan TV, projector atau monitor PC, kemudian set/atur  input videonya ke HDMI.
Kalau sudah muncul seperti gambar di bawah ini berarti sudah ready, tinggal menunggu koneksi dari smartphonenya.
Kalau tidak tampil, coba cek kembali sambungan sambungannya, juga setelan inputnya.


6. Buka Android. jalankan aplikasi Miracast/mirroring atau wireless display, beberapa Android sudah menyertakan aplikasi tersebut pada aplikasi bawaannya, kalau belum ada jangan khawatir karena anda dapat mendownloadnya dari Play Store. Buka Play Store dan cari aplikasi dengan kata kunci wireless display. Pilih aplikasi Wireless Display Finder kemudian installkan.



7. Jalankan Wifi (jalankan saja, jangan dikoneksikan)
8. Jalankan aplikasi Wireless displaynya, Switch ke posisi ON, kemudian akan muncul SSID dengan nama LOLLIPOP... (mungkin nama SSID akan berbeda) tap untuk mulai menyambungkan,


9. Kalau status sudah Connected, tampilan layar Androidnya sudah tampil juga di TV/monitor. Sekarang tinggal apa yang akan ditampilkan sesuai keinginan.


Tidak hanya untuk Android, dapat juga dipakai untuk iOS, aplikasinya bernama AirPlay.

Password default wifi Anycast M2 Plus ini adalah 12345678

Artikel Terkait