Mengubah lokasi folder Screenshot Windows 8 dan 10

Tags

Untuk mengcapture layar atau istilahnya  screenshot di Windows 8 dan Windows 10 tidak diperlukan lagi tool atau software tambahan seperti pada Windows Windows sebelumnya. Hanya dengan menekan kombinasi tombol Windows+Print screen (icon Windows+Prt sc di keyboard) maka otomatis layar tercapture dan menghasilkan file gambar berekstensi PNG yang tersimpan di spesial folder Screenshots (Pictures\Screenshots). Dan secara default (bawaan Windows) target folder dari Screenshot lokasinya berada di: C:\Users\<username>\Pictures\Screenshots.

Dengan pertimbangan tertentu, misalnya mempermudah backup, mempermudah untuk memanage file-file hasil screenshot tersebut, dll, kita dapat mengubah lokasi penyimpanannya ke lokasi folder atau drive yang lain yang diinginkan.



Misalnya saya akan memindahkan target folder screenshot ke drive E:\Captures

1. Buka File Explorer ( Windows explorer),   buat Folder baru di E dengan nama Captures.
2. Setelah folder baru siap, kemudian browse/masuk ke folder This PC\Picture.
3. Klik kanan pada folder Screenshots, kemudian pilih Properties.


4. Pilih tab Location.
5. Klik tombol Move.




6. Browse ke drive E dan arahkan ke folder Captures (karena saya ingin memindahkan ke folder E:\Captures, untuk anda silakan set sesuai keinginan anda). kalau sudah dipilih foldernya kemudian klik Select Folder.

7. Pada jendela selanjutnya bisa dilihat lokasi baru yaitu E:\Captures, kemudian klik Apply, klik OK.


Akan ada pertanyaan apakah file-file screenshot yang sebelumnya akan dipindah ke lokasi baru? terserah anda, boleh ya boleh tidak, kalau tidak dipindah dan suatu saat anda akan membutuhkan file screenshot lama maka anda tinggal masuk ke lokasi C:\Users\<username>\Pictures\Screenshots.


Sekarang target folder Screenshot sudah berpindah ke lokasi yang diinginkan. ketika melakukan screenshot maka akan diarahkan ke lokasi baru. E:\Captures.



Artikel Terkait