Menyembunyikan ikon di desktop Windows 10

Tiap mau menyalakan komputer bawaannya malas karena saking banyaknya ikon, shortcut dan folder yang ada di desktop, pusing lihatnya 😭,  tidak disadari  tiba-tiba sudah begini numpuk ikonnya. Selama ini tahunya makai aja, tidak memperhatikan kerapihan tampilan desktop.  Create folder, shortcut, instal aplikasi lama-lama memenuhin layar  😭.


Harus secara khusus meluangkan waktu untuk merapikan, mana yang bisa dihapus, mana yang bisa dipindah ke lokasi lain, dll.



Akhirnya pakai solusi sementara yang jitu 😊 yaitu dengan cara menyembunyikan shortcut dan ikon yang tampil di layar desktop. Layar jadi enak lagi dilihatnya 😊.



Cara menyembunyikan ikon yang berada di desktop Windows 10, (juga berlaku untuk Windows sebelumnya yaitu Windows 8 dan 7), yaitu melalui setting di Group Policy Editor.

1. Tekan Windows+R (untuk masuk ke Run command).
2. Ketikkan gpedit.msc pada kolom Run. kemudian klik OK atau tekan Enter. maka jendela Group Policy Editor akan terbuka.


3. Di jendela Group Policy Editor,  masuk ke User Configuration > Administrative Template >Desktop. 


4. Pilih / dobel klik pada Hide and disable all items on the desktop. Kemudian pilih Enable. klik Apply, klik OK.



5. Restart komputer. Setelah restart tampilan di layar desktop menjadi bersih.
6. Untuk mengembalikan kembali tampilan ke semula, lakukan kembali langkah di atas  dan pada langkah no.4 pilih Not Configured atau Disable.