Cara capture halaman web di Firefox

Browser Mozilla Firefox versi dan update terbaru menghadirkan banyak fitur menarik, seperti adanya fitur Pocket, Email Link, Send tab to device, dll, juga fitur yang akan dibahas pada postingan kali ini yaitu fitur untuk capture halaman web yaitu namanya Take a Screenshot.
Silakan download Mozilla Firefox terbaru yaitu Firefox Quantum kalau saat ini anda masih menggunakan Firefox versi lama.

Kalau ada artikel dalam bentuk tulisan atau gambar yang menarik yang sedang dibuka menggunakan browser Mozilla Firefox, kemudian anda ingin mengcapturenya untuk dijadikan file gambar tersendiri, dapat langsung dilakukan menggunakan pilihan Take a screenshot yang ada Firefoxtanpa harus  menggunakan aplikasi lain. Area yang akan discreenshot  terlebih dahulu kita set sesuai dengan yang kita inginkan, caranya sangat mudah.



1. Ketika kita sedang membuka halaman menggunakan browser Firefox, kemudian ingin melakukan capture/screenshot,  klik pada icon titik tiga horizontal , kemudian pilih Take a Screenshot.



2. Set area yang akan dicapture, caranya tinggal di-drag dan ditarik menggunakan mouse.


3. Selanjutnya anda dapat memilih untuk:

Copy ke clipboard. Untuk kemudian di paste di program pengolah gambar (misal Adobe Photoshop, Ms paint, atau untuk gambar di MS Word, dll).

Simpan atau download ke komputer menjadi sebuah file gambar dengan format file PNG.


Kemudian pilihan yang menurut saya paling menarik adalah dengan menyimpan di Internet, kita akan mendapat alamat url tempat penyimpanan gambarnya. jadi nantinya bisa buka dari mana saja melaui browser.




Artikel Terkait