Cara menghapus password yang tersimpan di Windows 10

Tags

Cara hapus atau edit password yang tersimpan di Windows 10.

Ketika komputer terhubung ke suatu network resource yang menggunakan password seperti akses ke sharing folder, network printer, dll, untuk memudahkan akses pada kesempatan yang lain, maka Windows akan menyimpan  password tersebut pada sistem yang bernama Windows credential, sehingga ketika mengaksesnya kembali di kesempatan yang lain kita tidak perlu lagi log on untuk memasukkan username dan password.





Akan tetapi apabila password di sharing folder, network printer, atau yang lainnya telah berubah/diubah, maka tentu saja komputer akan gagal terhubung sampai kita menyesuaikannya kembali password yang ada di komputernya. Tidak masalah kalau ketika gagal terhubung kemudian muncul dialog untuk memasukkan username atau password  yang baru, akan tetapi kalau tidak muncul dialognya, maka kita harus menyesuaikan log in informasinya melalui menu Windows credentials.

Untuk masuk ke menu Windows Credentials di Windows 10 :

1. Tekan logo Window di keyboard atau klik Start menu atau search di pojok kiri bawah layar, kemudian ketikkan  Credential manager, maka di bagian atas akan muncul Credential Manager, kemudian klik untuk membuka.
,


2. Setelah jendela Credential Manager terbuka, kemudian pilih tab Windows Credentials.
3. Pada jendela ini terdapat semua informasi mengenai akses yang menggunakan Windows credential. Pilih credential yang mana yang mau anda edit informasi logonnya atau mana yang passwordnya mau diganti disesuaikan dengan network resource yang telah berubah passwordnya.
4. Atau pilih Remove untuk menghapus.
 (kalau kita hapus, ketika akan melakukan koneksi kembali maka akan muncul kolom login meminta memasukkan username dan password)

Contoh pada gambar di komputer saya terdapat akses ke sharing folder. 


Artikel Terkait