Cara setting Fingerprint di Windows 10

Cara mengaktifkan Fingerprint/sidik jari untuk Sign-in di laptop Windows 10.



Laptop-laptop sekarang banyak yang dilengkapi dengan sensor fingerprint, dan mungkin anda juga memiliki laptop tersebut, tapi sensor fingerprintnya belum anda gunakan/fungsikan.

Windows 10 dilengkapi dengan fitur Windows Hello untuk mempermudah kita dalam melakukan Sign in ke Windows tanpa mengetikkan password atau pin, yaitu dengan menggunakan sidik jari atau dengan mengenali wajah kita, tergantung dari apakah laptop kitanya support yang mana, atau support kedua duanya. Atau bisa juga tidak support ke dua-duanya.





Pada postingan ini yang dibahas adalah cara mengaktifkan Windows Hello untuk Fingerprint, berarti laptopnya harus yang memiliki sensor Fingerprint.


1. Klik Start  di sudut kiri bawah atau tekan  di keyboard, kemudian pilih Settings.
2. Pilih Accounts  kemudian pilih Sign-in options.
3. Scroll ke bawah untuk menemukan Windows Hello.


4. Kalau laptop anda untuk login selama ini belum menggunakan PIN, maka harus membuat PIN terlebih dahulu dengan memilih tombol Add di menu PIN. (PIN hanya menggunakan angka, huruf tidak termasuk)
5. Kalau PIN sudah dibuat sekarang anda dapat mulai melakukan setting Fingerprint dengan meng-klik tombol Set up.


 6. Setelah klik tombol Set up, akan muncul jendela Welcome to Windows Hello, ada penjelasan tentang Windows Hello, silakan baca kalau mau tahu lebih detail tentang Windows Hello ini. Kemudian klik Get Started untuk mulai setting.
7. Anda diminta untuk memasukkan PIN (yang sudah dibuat tadi).
8. Lakukan scan sidik jari dengan cara meletakkan jari anda di atas sensor fingerprint (boleh jari mana saja yang anda inginkan) kemudian gerakkan dari atas ke bawah, sesuai petunjuk animasi yang tertera.

9. Ulangi langkah tersebut menggunakan jari yang sama sampai ada notifikasi identifikasi berhasil.



10. Fingerprint sekarang sudah aktif, lakukan Sign out dari Windowsnya, dan kemudian lakukan Sign in dengan menggunakan Fingerprint.