Latest Posts

Cara Undo Send Gmail

By 20:00

Cara menggagalkan pengiriman email di Gmail.

Yang namanya manusia pasti ada lupanya, termasuk dalam hal pengiriman email, bisa salah alamat, salah reply, salah etika bahasa, dan lain-lain. Apalagi kalau kita sedang sibuk sehingga menyebabkan kurang fokus, setelah menekan tombol send barulah tersadar kalau ada yang salah dengan emailnya.

Untuk mengantisipasi kesalahan kirim, web mail Gmail memberi kesempatan kepada kita untuk menggagalkan pengiriman email ketika  tersadar ada kesalahan, kita dapat mengaktifkan yang namanya Undo Send, dan mengatur berapa lama tombol Undo tampil di layar  sebelum email terkirim setelah kita meng-klik Send. Pilihannya 5, 10, 20, 30 detik. Sebelum waktu yang dipilih terlampaui, kita dapat menekan tombol Undo untuk menggagalkan pengiriman.

Untuk Gmail versi baru pilihan Undo send-nya sudah aktif, kita tinggal set jeda waktunya dan untuk amannya pilih yang paling lama yaitu 30 detik. (atau terserah pilihan anda).
Untuk yang masih menggunakan Classic Gmail harus mengaktifkan dulu pilihan Undo Sendnya.

1. Dari tampilan utama pilih pada icon Gear (settings)
2. Pilih Settings.
3. Aktifkan Undo Send dan pilih waktu yang dikehendaki.


4. Klik tombol Save Changes yang terletak di bagian bawah halaman, untuk menyimpan setting.

Sekarang kalau kita mengirim email, akan muncul pilihan Undo, tampil selama waktu sesuai dengan yang telah kita set.


Kalau waktunya sudah terlewati, tampilan undonya keburu menghilang sebelum kita meng-kliknya, maka email akan terkirim dan  tidak ada cara lain untuk menggagalkannya.



You Might Also Like

No comments: