Laptop tidak dapat mendeteksi wifi tertentu

Laptop tidak bisa mendeteksi Wi-fi, sedangkan perangkat yang lain seperti Android, iPhone bisa dan dapat tersambung dengan normal.

Kejadian ini saya alami, di rumah ada Wi-fi, Sebelumnya berfungsi normal tanpa masalah, tetapi tiba-tiba saja wi-fi tersebut  tidak dapat terdeteksi oleh laptop saya, tapi kalau oleh smartphone tetap dapat  terdeteksi dan berfungsi dengan normal. Hanya Wifi/SSID tersebut saja yang tidak terdeteksi di laptop saya, kalau sinyal wi-fi/SSID yang lain masih dapat terdeteksi, maka kesimpulan saya saat itu bahwa laptop  saya tidak bermasalah.




Setelah dicari-cari penyebabnya, ketemulah kenapa tidak terdeteksi, channel wifi di perangkat akses point routernya berpindah ke channel 13 (auto), dan laptop saya tidak dapat mendeteksi kalau channel 13. Kenapa tidak bisa mendeteksi?, setelah browsing katanya wifi adapter di laptopnya harus diset country regionnya. Saya belum menemukan setting tersebut untuk wifi adapter di laptop saya.




Solusi mudah yang saya lakukan adalah dengan login ke perangkat wifi routernya dan melakukan perubahan untuk wireless channelnya dari auto (channel 13) ke channel yang lain yang kosong (untuk mengetahui channel yang kosong supaya tidak terjadi saling interferensi lihat posting sebelumnya Pemasangan Wifi Lebih dari Satu Harus melihat Channel).


Contoh tampilan untuk setting channel pada modem wi-fi router TP-Link: