Mengatasi Body CPU yang Nyetrum

Body CPU nyetrum tentunya sangat mengganggu, kontak atau sentuhan badan kita (khususnya tangan atau lengan) tak bisa dihindari ketika kita misalnya mau menyolokkan flashdisk, hardisk eksternal, dan lain-lain.

Body CPU nyetrum ini terjadi umumnya karena  induksi atau kebocoran komponen di bagian PSU/ power supplynya. Asalkan setrumnya lemah, tidak terlalu masalah bisa diatasi, kalau terasa kuat jangan ambil resiko segera bawa PC anda ke tempat service.




Sebenarnya kalau instalasi listrik di rumah atau kantor memenuhi standar, yang dilengkapi dengan electical rounding (sambungan ke tanah),  CPU nyetrum ini tidak akan terjadi, tinggal kita  memastikan kabel listrik yang nyambung ke CPU memiliki sambungan grounding dan  kalau menggunakan terminal listrik untuk sambungan/perpanjangan, juga harus memiliki kabel  dan terminal untuk grounding.

Kalau persyaratan di atas tidak terpenuhi sehingga body/casing komputer nyetrum kalau kepegang solusinya adalah sebagai berikut :

Untuk solusi mudah dan cepatnya yaitu membuat grounding tersendiri dengan menggunakan kabel yang ujung satunya disambungkan ke paku dan ditanam/ditancapkan ke tanah, dan ujung satunya lagi disambungkan ke casing CPU (ditempel melalui salah satu baut/sekrup dibelakang).


Siapkan kabel dan paku. Kabel ukurang kecil saja tapi tidak terlalu kecil, panjang disesuaikan dengan jarak CPU ke tanah yang akan dijadikan titik grounding, kabel serabut atau kabel tunggal bisa dipakai.
Untuk paku, ukuran lebih panjang lebih baik, selain paku menggunakan besi juga bisa, yang penting bersifat penghantar listrik yang bisa ditancapkan di tanah.


Langkah-langkahnya :

Kupas ujung kabel, kemudian lilitkan bagian tembaganya yang telah dikupas ke paku.



Kupas juga ujung kabel yang satunya lagi, kemudian lilitkan bagian tembaganya yang telah dikupas pada salah satu sekrup atau baut di bagian belakang CPU (longgarkan terlebih dahulu sekrup menggunakan obeng, selipkan/lilitkan ujung kabel kemudian sekrupnya kencangkan kembali).



Tancapkan paku ke tanah, tanah yang basah akan lebih baik, menancap lebih dalam lebih baik.



Setelah pemasangan grounding ini, Body CPU  tidak akan nyetrum lagi.


Kalau setelah pasang grounding sederhana ini, kabelnya menjadi panas atau bahkan sampai  MCB /circuit breaker yang ada dekat meteran listrik  trip/jatuh, maka jangan ambil resiko, PSU komputer anda berarti konslet dan membahayakan anda. segera bawa ke service center, atau kalau anda mengerti hardware bisa mengganti PSUnya sendiri.