Macbook Pro mati mendadak dan tidak dapat dihidupkan kembali

Ini kejadian beberapa hari yang lalu, Apple MacBook Pro MD 101 saya mati mendadak ketika loading awal dan tidak dapat dinyalakan lagi, walau sudah menekan-nekan tombol power, padahal seingat saya baterainya masih penuh, begitupun dengan menggunakan listrik PLN, tetap Macbook tidak bisa dihidupkan. Sudah terbayang biaya service atau bahkan rusak tidak dapat digunakan kembali.

Tapi Syukur Alhamdulillah sekarang normal kembali hanya dengan cara melepas dan memasang kembali konektor baterainya yang ada di dalam.(dengan membuka casing bawah).

Anda pun kalau mempunyai masalah yang sama seperti saya, barang kali saja solusinya sama, tidak ada salahnya untuk dicoba oleh anda sendiri,  sebelum dibawa ke service center, karena caranya mudah.


1. Lepas tutup casing bawahnya. Kalau ga salah ada 10 baut kecil yang harus dibuka, gunakan obeng plus (+) ukuran sangat kecil (obeng iPhone)

Ada 10 baut kecil yang harus dibuka

2. Setelah casing bawahnya dilepas, perhatikan pada gambar/capture, konektor yang dilingkari merah. Lepaskan konektor tersebut dengan cara menariknya  ke atas. Setelah lepas kemudian pasang kembali. Pakai tangan kosong saja, tidak perlu memakai alat (pinset) takutnya malah terjadi konslet.


Anda dapat mencoba menyalakannya sebelum tutup casing bawahnya dipasang. (Hati-hati jangan di tempatkan pada alas berbahan logam/konduktor. Gunakan alas meja kayu atau kaca yang kering, atau pegang/angkat  macbooknya dengan tangan anda).

3. Pasang kembali tutup casing bawahnya. pasang dan kencangkan kembali baut-bautnya.

Itu solusi yang dilakukan pada Macbook saya, mudah-mudahan solusinya sama kalau anda memiliki masalah yang sama sehingga tidak perlu dibawa ke service center.