Latest Posts

Mengaktifkan Power pada port USB ketika Laptop sedang mati

By 08:41 ,

Supaya power USB On ketika laptop dimatikan.

Power di port USB hidup ketika laptop mati berguna untuk mengisi (charging) baterai handphone/smartphone, atau yang lainnya, tanpa harus menghidupkan laptopnya. Dengan kata lain laptopnya dapat berfungsi sebagai Power Bank.

Tidak semua laptop/notebook atau netbook memiliki fasilitas USB power sharing ini, dan umumnya laptop yang memiliki fasilitas ini settingannya masih disable atau belum difungsikan.


Untuk mengetahui apakah laptop anda support USB power sharing ketika laptopnya dalam kondisi mati (shutdown), dan mengaktifkannya (jika ada) kalau anda mau, caranya yaitu dengan masuk ke BIOS dan cari menu yang berhubungan dengan USB power.

Untuk masuk ke BIOS laptop yaitu dengan merestart laptop atau menyalakannya dari posisi mati. Beberapa saat setelah restart, sebelum loading Operating system, kita cepat-cepat menekan  tombol escape, F1,F2, atau yang lainnya tergantung merek laptopnya.

Setelah berada di halaman BIOS, cari opsi mengenai USB Power sharing ini.
Ada beberapa istilah berbeda untuk USB power sharing ini tergantung dari merk dan BIOS laptopnya. ada USB sleep and Charge, USB Charging, USB Power Share, dan lain-lain.
Kalau ada pilihannya di laptop anda dan ingin mengaktifkannya tinggal pilih Enable (biasanya tekan F5/F6 untuk enable/disable) kemudian simpan.

Contoh beberapa tampilan BIOS dari laptop yang berbeda untuk mengatur USB power share :

'USB Power share' pada BIOS Alienware A04.

'USB Charging' pada laptop HP Envy x360

'USB Sleep and Charge' pada Toshiba R series

'USB Sleep and Charge' pada Netbook Toshiba NB520

You Might Also Like

No comments: