Sharing koneksi Internet dari laptop Windows 10

Berbagi koneksi Internet dari laptop Windows 10.

Pada laptop/notebook yang menggunakan operating system (OS) Windows 10 yang tersambung ke Internet, apapun koneksi internetnya, menggunakan modem, kabel LAN atau koneksi Wifi, kemudian anda bermaksud untuk berbagi  koneksi Internetnya untuk perangkat yang lain, ke komputer (yang memiliki wifi), ke  laptop/notebok, smartphone Android atau iOS, dll. caranya mudah karena Windows 10 sudah menyediakan fasilitasnya yaitu yang bernama Mobile Hotspot.

Mobile hotspot di Windows 10 sama halnya dengan Personal hotspot (tethering) pada perangkat Android atau iOS, yaitu sarana untuk berbagi koneksi Internet.


Cara mengaktifkan Mobile hotspot di Laptop Windows 10.

1. Klik pada logo Network di sebelah kanan bawah (system tray).


Akan muncul jendela kecil Network & Internet settings.

2. Untuk mengaktifkan Mobile hotspot, tinggal klik pada kotak Mobile hotspot, sehingga menjadi warna biru yang tadinya berwarna abu-abu. Setelah berwarna biru berarti hotspot sudah aktif dan sudah terdeteksi oleh smartphone, laptop atau komputer yang memiliki wifi.



3. Untuk setting nama Wifi (SSID) dan password, klik kanan pada kotak Mobile hotspot, kemudian klik Go to Setting.



5. Untuk memberi nama wifi dan set passwordnya, klik pada Edit.


6. Beri nama wifi/SSID pada kolom Network name, kemudian tulis password yang diinginkan minimal 8 karakter pada kolom Netwok password. Klik Save untuk menyimpan setting.



Sekarang laptop yang lain, smartphone, atau perangkat lainnya sudah dapat terhubung ke Internet melaui wifi mobile hotspot Windows 10 ini.