Mengatasi Macbook Lemot

Kalau anda memiliki Macbook yang loadingnya sudah terasa lambat, lambat dalam loading OS atau juga lambat ketika menjalankan aplikasi, karena merupakan produk lama atau keluaran beberapa tahun ke belakang, bagaimana cara mengatasinya sehingga kembali tidak lemot ?, apakah harus ditambah memory RAMnya?, atau ganti hardisk?



Selain performa hardware (terutama hardisk) yang sudah berkurang, juga karena biasanya kita mengikuti atau update ke versi OS terbaru yang tentunya memerlukan resource hardware yang lebih  tinggi atau lebih besar.

Saya memiliki Apple MacBook Pro MD 101 2012 dengan macOS sekarang Mojave, dari awalnya dulu El Capitan (melewati beberapa versi El Capitan, Sierra, High Sierra, Mojave), saya kira wajar  kalau macbook tersebut menjadi lemot.

Sekarang macbook saya sudah tidak loading lambat lagi. Yang saya lakukan adalah dengan menambah SSD (Solid State Drive) SATA dengan kapasitas 240 GB (kalau anda mau besar kapasitasnya, silakan) sebagai disk ke satu (1st disk) dan hardisk lamanya dijadikan disk ke dua (2nd disk). Saya tidak jadi menambah memory (RAM) karena untuk saya merasa tidak diperlukan lagi.

Cara instalasi atau pemasangannya yaitu hardisk lama dibuka dan diganti dengan SSD, kemudian  hardisk lamanya dipasang pada Caddy khusus untuk macbook, kemudian Optical/DVD drive dicopot dan diganti dengan caddy yang telah dipasang di dalamnya harddisk lama tadi.

Jadi yang harus disiapkan  yaitu :

1. SSD SATA 2,5" (saya pakai yang 240 GB, kapasitas makin tinggi harga tentu semakin mahal).



2. Caddy untuk macbook (anda dapat membeli online misal di Tokopedia, Bukalapak, dll. Search dengan kata kunci 'Caddy macbook' pasti akan ada banyak hasil pencarian).

Fungsi caddy disini adalah sebagai adapter dan converter agar hardisk dapat ditempatkan di lokasi yang biasanya dipakai untuk DVD drive. (DVD drivenya  dicopot dan tidak digunakan, karena untuk saat ini umumnya kita lebih memilih flash drive/flashdisk untuk penyimpanan external. Kalaupun harus menggunakan CD atau DVD bisa menggunakan DVD drive external).

Jadi nantinya untuk OS dan aplikasi yang penting dan sering diakses kita tempatkan di 1st disk (SSD) dan untuk apikasi lainnya dan data kita simpan di 2nd disk (hardisk lama) atau silakan atur-atur sendiri :).




Untuk Instalasi macOSnya dapat melalui USB flash drive. anda harus menyiapkan dulu installernya.

Mohon maaf belum sempat posting untuk cara install OSnya pada kesempatan ini.


Artikel Terkait