Baterai baru tidak bisa dicas

Kalau anda membeli baterai baru untuk handphone atau smartphone tetapi tidak langsung dicoba/dipasangkan ketika berada di tokonya sehingga tidak ketahuan kalau bermasalah atau anda membeli baterai secara online kemudian setelah dipasangkan ke hp atau ke smartphonenya, smartphone tidak dapat dinyalakan. kemudian anda coba mengchargenya (bahasa enaknya ngecas) akan tetapi tidak ada tanda-tanda terjadi proses pengisian baterai.

Apakah baterai rusak?, belum tentu, kalau umumnya baterai tidak rusak, karena mungkin disimpan lama yang sering terjadi adalah keadaan baterai benar-benar kosong  dan tegangannya berada di bawah toleransi sehingga tidak dapat dicas secara normal (tidak dapat dicas ketika dipasangkan di hp/smartphone).

Solusinya yaitu dengan menggunakan desktop charger atau biasa orang menyebutnya casan kodok.


Baterai yang tidak dapat dicas tadi biasanya akan berhasil (charging) dengan menggunakan casan kodok ini, setelah baterai terisi kemudian dapat dipasangkan di handphone/smartphone dan selanjutnya akan berfungsi normal dan tidak perlu menggunakan casan kodok ini lagi, kecuali hpnya berlama lama tidak dihidupkan baterai akan kosong lagi.

Casan kodok ini banyak tersedia di toko elektronik, counter hp, bahkan di emperan jalan juga banyak dijual, online juga banyak. harganya relatif murah di bawah Rp. 20.000.



Cara koneksi atau pemasangan baterai pada desktop charger (casan kodok):

Baterai HP/smartphone umumnya memiliki 3 terminal, tetapi yang dikoneksikan ke casan kodok ini hanya 2 terminal yaitu yang ada tanda + dan -   (positif dan negatif) biasanya yang berada di ujung dan ujung (yang di tengah buat sensor/tidak dipakai dalam pengecasan kodok ini).
Atur ke dua posisi terminal di casan supaya pas dengan posisi terminal positif dan negatif di baterai.
Sambungkan dan tahan menggunakan pegas yang ada pada casan kodok.

Pemasangan terminal positif dan negatifnya tidak masalah kalau terbalik, karena casan kodok ini akan mendeteksi mana positif mana negatif.





Artikel Terkait