Menukar Fungsi FN di Laptop

Tombol FN di laptop akan selalu berhubungan dengan tombol F (F1-F12) yaitu untuk menghasilkan perintah lain dari tombol F ketika kita tekan tombol kombinasi  FN+F.


Ada contoh kasus misalnya kita sedang mengetik di Ms Excel kemudian akan mengedit suatu sel dengan menekan tombol F2, ketika tombol F2 ditekan bukannya sel jadi bisa diedit tapi malah layar laptop yang meredup karena dengan menekan tombol F2 di laptop (contoh pada laptop saya, hp) adalah berfungsi untuk meredupkan layar. Barulah kalau sambil menekan kombinasi tombol FN+F2 akan masuk ke fungsi edit sel exel.

Bagaimana cara menukar fungsi sehingga berfungsi sebaliknya? untuk contoh kasus di atas bagaimana kalau ketika menekan tombol F2 menuju ke fungsi edit di aplikasi Ms Excel, dan kalau menekan tombol FN+F2 barulah masuk ke fungsi meredupkan layar ?
(Tidak hanya berlaku untuk aplikasi Ms Excel tetapi untuk semua aplikasi yang menggunakan shortcut menggunakan F key dari F1 sampai F12).

Cara untuk membalikkan atau menukar fungsi perintah ketika kita menekan tombol F(F1-F12) dengan ketika kita menekan tombol FN+F, yaitu melalui setting di BIOS laptopnya. Untuk masuk ke BIOS yaitu dengan merestart laptop/notebook, kemudian sesaat setelah restart sebelum loading ke operating system kita tekan tekan tombol Ecs, F1, F2, dll tergantung merek dan model laptopnya (kalau anda tidak tahu googling saja cara masuk ke BIOS untuk merek dan model laptop anda).

Setelah anda berhasil masuk ke BIOS cari pilihan setting yang berhubungan dengan Fungsi FN. Tiap laptop memiliki nama/istilah yang berbeda beda pula tergantung merek dan model laptop dan versi BIOSnya. Ada yang menggunakan istilah Action Key Mode (hp), Hotkey Mode (Lenovo), dll.
Kemudian kita ubah settingnya dari enable ke disable atau sebaliknya dari disable ke enable. tergantung kebutuhan anda.

Contoh tampilan setting FN key pada umumnya laptop hp:

Setting Action Key Mode pada laptop hp

Contoh setting FN mode pada laptop Lenovo :
Setting FN mode pada laptop Lenovo

Tidak semua laptop/notebook memiliki pilihan untuk menukar fungsi F dan FN key ini.


No comments: